Microsoft Dilaporkan Ingin Luncurkan Aplikasi Super  untuk Berbagai Layanan Digital
Brad Smith, Presiden Microsoft Corp. (foto: twitter microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp baru-baru ini mempertimbangkan untuk membangun "aplikasi super" yang dapat mencakup layanan belanja, perpesanan, berita, dan mesin pencarian web. Laporan ini muncul pertama kali dari The Information pada Selasa, 6 Desember mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Pembuat Windows ini mempertimbangkan untuk membangun aplikasi untuk melonggarkan cengkeraman Google Alphabet Inc dan Apple Inc  di ruang pencarian aplikasi seluler.

Para eksekutif Microsoft menginginkan aplikasi tersebut juga meningkatkan bisnis periklanan dan pencarian di mesin pencari miliki mereka, Bing, yang bernilai miliaran dolar, serta menarik lebih banyak pengguna ke perpesanan Teams dan layanan seluler lainnya

Sementara Microsoft sendiri enggan menanggapi permintaan komentar dari Reuters tas laporan tersebut.

Aplikasi super, yang dipopulerkan di Asia oleh Tencent Holdings,  WeChat dan Grab Holdings Asia Tenggara, telah digambarkan sebagai pisau Swiss Army yang serba bisa dan lengkap dari aplikasi seluler, yang menawarkan serangkaian layanan untuk pengguna seperti perpesanan, jejaring sosial, pembayaran peer-to-peer, dan belanja e-commerce.

Kepala Eksekutif Tesla Inc), Elon Musk, yang juga pemilik Twitter, juga telah menunjukkan minat untuk membangun aplikasi super bernama "X" yang akan menggabungkan banyak layanan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa tidak jelas apakah Microsoft akan meluncurkan aplikasi semacam itu, tetapi Chief Executive Satya Nadella telah mendorong layanan pencarian Bing untuk bekerja lebih baik dengan Teams dan Outlook.