E& setuju untuk membeli 50,3% saham dalam Super App Careem, Rp5,9 Triliun
Emirates Telecommunications Group Company (e&) menyetujui mengambil 50,3% saham di sebuah super aplikasi yang dikelola oleh Careem. (foto; twitter @channel969 ·)

Bagikan:

JAKARTA - Emirates Telecommunications Group Company (e&) telah menyetujui untuk mengambil 50,3% saham di sebuah super aplikasi yang dikelola oleh Careem, anak perusahaan Uber Technologies di Timur Tengah, dalam transaksi senilai 400 juta dolar AS (Rp5,9 triliun), seperti yang dilaporkan e& yang dikutip Reuters, pada Senin, 10 April.

"Aplikasi Super tersebut akan dikelola oleh para pendiri Careem, Mudassir Sheikha dan Magnus Olsson," kata perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Etisalat Group dan sekarang disebut e&.

Bisnis ride-hailing akan dipisahkan dari bisnis Careem Super App dan akan sepenuhnya dimiliki oleh Uber, tetapi masih akan tersedia di dalam super aplikasi.

Kesepakatan ini akan didanai dari saldo kas yang ada di e&, dan tunduk pada persetujuan regulasi, kondisi penutupan biasa, dan prosedur administratif, menurut e& dalam filing-nya.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa pembicaraan dengan e& berada pada tahap lanjut dan kesepakatan bisa diumumkan segera.

Careem mulai mencari investor luar pada tahun lalu untuk membantu membiayai Super App-nya, yang menawarkan layanan di luar bisnis ride-hailing intinya seperti pengiriman makanan, sewa sepeda, pembayaran digital, dan layanan kurir.

Etisalat berganti merek menjadi e& pada Juni tahun lalu ketika perusahaan telekomunikasi yang dimiliki mayoritas negara tersebut memulai strategi baru untuk menjadikan dirinya sebagai konglomerat teknologi dan investasi global.

e& mengatakan transaksi ini sesuai dengan ambisinya untuk meningkatkan penawaran digital konsumen dan akan memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan aplikasi tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan layanan digital konsumennya.

"Uber dan para pendiri Careem, Sheikha, Olsson, dan Abdullah Elyas, memegang saham sisanya di super aplikasi tersebut," kata juru bicara Careem.