Microsoft Cloud Cabang UEA Dukung Perusahaan yang Terjun ke Metaverse
Microsoft Cloud luncurkan dukungan untuk berbagai perusahaan yang terjun ke metaverse. (Foto; Dok. TodayTechReview)

Bagikan:

JAKARTA – Metaverse menjadi topik hangat dalam satu tahun terakhir, terutama setelah Mark Zuckerberg mengumumkan rebranding Facebook menjadi Meta. Meta bukan satu-satunya perusahaan yang akan fokus pada metaverse. Perusahaan teknologi lain termasuk Microsoft berencana melakukan hal yang sama. Namun, kali ini Microsoft Cloud cabang Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan rencananya untuk mendukung berbagai perusahaan di metaverse.

Rencananya, Microsoft Cloud UEA tersebut akan memberikan penawaran layanan integrasi teknologi campuran (mixed reality) publik sebagaimana dilaporkan media lokal Arab news, 24 Oktober kemarin. Ini ditujukan untuk menghidupkan visi besar metaverse perusahaan.

Ihsan Anabtawi, COO Microsoft cabang UEA, mengungkapkan beberapa produk yang sedang dikerjakan untuk menghidupkan visi raksasa perangkat lunak metaverse.

Perusahaan raksasa teknologi asal AS lain, Microsoft, memandang metaverse melalui kehadiran dan keterhubungan di ruang apa pun untuk memungkinkan orang membangun koneksi di dunia hibrida. Perusahaan ini bertujuan untuk melibatkan karyawan dan pelanggan dari tempat kerja di dunia yang imersif untuk pengalaman baru, seperti mengambil peran sebagai pencipta dan menjadi bagian dari komunitas.

Anatabwi percaya bahwa metaverse penting dalam mendukung transformasi digital dan tempat kerja UEA serta merampingkan operasi dan model bisnis. Dengan demikian, perusahaan ini berencana mengaktualisasikan layanan metaverse-nya pada beberapa produk.

Yang pertama adalah produk yang sedang dalam proses - platform Internet of Things (IoT) yang memanfaatkan teknologi mixed reality untuk menciptakan representasi digital dari berbagai hal, proses bisnis, dan orang-orang di dunia nyata.

Kemudian, Microsoft HoloLens2 yang telah diluncurkan di UEA pada 20 Juli 2022, adalah headset yang terhubung langsung ke Microsoft Cloud untuk analisis data, pengujian berulang, dan kecerdasan buatan. Perusahaan dapat menggunakan teknologi holografik perangkat untuk membuat model produk fisik dan menganalisis data terkait sebelum berinvestasi.

Perangkat ini juga memungkinkan bantuan jarak jauh di bidang medis. Perangkat ini juga memungkinkan para pengembang untuk membangun pengalaman apa pun dan bagi pengguna untuk mengakses tim, aplikasi kolaboratif, dan aplikasi yang dibuat khusus. Selain menyesuaikan avatar mereka untuk rapat menggunakan Mesh, perangkat ini membantu menata ulang pengalaman rapat, menurut Anabtawi.

Digital 365 Connected Spaces, yang saat ini sedang dalam pengembangan, adalah salah satu produk Microsoft yang dirancang untuk memodelkan bagaimana orang bergerak dan berinteraksi dalam ruang apa pun untuk memperluas adopsi dan pengalaman metaverse, sebagaimana dirangkum dari CryptoSlate.