Penyebab HP Cepat Panas Meski Dipakai Sebentar, Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Ini
Penyebab hp cepat panas (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ponsel juga sama seperti manusia, ketika bekerja secara ekstra maka akan kelelahan atau overheat. Ponsel yang panas saat digenggam tentu saja mengganggu kenyamanan penggunanya. Selain itu, kondisi overheat juga bisa merusak komponen di dalam smartphone. Setiap pemilik ponsel perlu tahu apa penyebab hp cepat panas.

Secanggih apapun ponsel, tetap memiliki batas kinerjanya dan akan panas jika digunakan secara terus-menerus. Apabila ponsel panas setelah pemakain berjam-jam, maka masih dikatakan wajar. Namun jika hp Anda cepat panas meski hanya digunakan sebentar, maka dicari tahu penyebabnya. 

Penyebab HP Cepat Panas Meski Pemakaian Sebentar

Tidak sedikit orang yang ponselnya cepat panas, meski pemakaiannya baru sebentar. Berikut ini beberapa penyebab hp cepat panas yang perlu diketahui oleh pemilik ponsel. 

Menjalankan Aplikasi Berat

Masalah paling umum penyebab ponsel panas adalah karena dipakai menjalankan aplikasi berat. Penggunaan aplikasi berat dapat menguras kinerja ponsel hingga mudah mengalami overheat. Misalnya saat mengakses game bergrafis tinggi, streaming video, editing video, dan aplikasi lainnya yang memproses banyak daya. 

Radiasi Panas Lingkungan

Ponsel panas juga bisa disebabkan karena radiasi panas lingkungan. Paparan sinar matahari dalam waktu lama atau lingkungan panas maka dapat mempengaruhi suhu internal ponsel. Jika Anda menggunakan atau menaruh ponsel di tempat bersuhu ekstrim, ponsel akan jadi mudah panas.

Pemakaian Casing yang Tidak Sesuai

Penggunaan casing memang bermanfaat untuk menjaga ponsel dari benturan dan menambah estetika tampilannya. Namun pemakaian casing yang tidak sesuai dengan desain atau bentuk ponselnya, maka akan mengakibatkan ponsel cepat panas. Casing yang tidak cocok kemungkinan menghalangi ventilasi ponsel dan sirkulasi udara di sekitar ponsel, sehingga menyebabkan suhu panas tertahan di ponsel. 

Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Seringkali pengguna ponsel membuka banyak aplikasi dalam satu waktu atau berganti-gantian, tanpa menutup aplikasi sebelumnya. Aplikasi yang berjalan di latar belakang ini juga jadi penyebab ponsel cepat panas. 

Banyak pengguna tidak menyadari bahwa aplikasi yang masih berjalan tersebut tetap memproses sumber daya, sehingga ponsel tetap bekerja secara terus-menerus. Misalnya ketika Anda membuka media sosial, kemudian beralih menjalankan game atau menonton streaming video tanpa menutup aplikasi sebelumnya. 

Multitasking Berlebihan

Kebiasaan penggunaan ponsel yang juga dapat membuat hp cepat panas adalah multitasking berlebihan atau overrutilization. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, multitasking atau penggunaan aplikasi secara bersamaan akan memaksa ponsel bekerja keras. 

Kondisi overutilization tentu saja akan menghasilkan panas berlebih pada ponsel. Jadi sebaiknya hindari multitasking berlebihan saat menggunakan ponsel agar tidak cepat panas dan berat. 

Perangkat Lunak Tidak Terbaru

Perangkat lunak pada ponsel selalu mendapat pembaruan atau update. Tidak hanya menghadirkan fitur-fitur baru, namun update ini juga sebagai perbaikan stabilitas dan efisiensi ponsel. 

Penyebab lain ponsel cepat panas bisa disebabkan karena perangkat tidak tidak terbaru. Perangkat lunak yang sudah usang dapat mempengaruhi kinerja dan suhu ponsel. Jadi pastikan Anda selalu memperbarui perangkat lunak secara berkala. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab hp cepat panas meski baru dipakai sebentar. Kondisi dan kinerja ponsel sangat dipengaruhi oleh bagaimana kebiasaan atau penggunaannya itu sendiri. Jadi sebaiknya hindari sejumlah hal di atas agar ponsel Anda tidak cepat panas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.