Cara Menghapus Akun di Aplikasi WhatsApp dengan Mudah
Cara Menghapus Akun di Aplikasi WhatsApp dengan Mudah (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir semua pengguna ponsel memiliki aplikasi WhatsApp di dalam perangkat mereka sebagai alat komunikasi yang paling sering digunakan.

Pengguna WhatsApp biasanya menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan singkat, melakukan panggilan telepon, hingga panggilan video. Cara mengoperasikannya yang mudah membuat aplikasi tersebut dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir banyak pengguna WhatsApp yang mengeluhkan keamanan data mereka. Selain itu, aplikasi yang beberapa waktu lalu juga mengalami "Down" tersebut membuat penggunanya banyak yang beralih ke aplikasi pesan instan lain seperti Telegram.

Hal itu pun diikuti dengan banyaknya pengguna WhatsApp yang melakukan uninstall aplikasi. Namun, sebelum menguninstall aplikasi WhatsApp dan pindah ke aplikasi lain, Anda sebaiknya menghapus akun WhatsApp Anda terlebih dahulu supaya tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Pasalnya, jika akun Anda tidak dihapus maka orang lain tetap bisa melihat foto profil Anda di WhatsApp, untuk digunakan melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Jika Anda ingin menghapus akun WhatsApp, tetapi masih bingung cara melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dirangkum oleh tim VOI berikut ini.

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Untuk menghapus akun WhatsApp, langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp Anda di ponsel, dan klik menu titik tiga di bagian kanan atas layar utama WhatsApp Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memilih menu "Setting" pada jendela yang tersedia dan klik menu "Account". Selanjutnya, Anda dapat memilih menu "Delete My Account" dan klik lanjutkan.

Pada tahap berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda yang terdaftar sebagai akun WhatsApp. Setelah itu, klik kolom "Delete My Account" yang ada di bagian bawah.

Sebelum permintaan Anda dikabulkan, Anda akan diminta untuk memberikan alasan menghapus akun Anda. Pengguna dapat menuliskan alasan Anda pada kolom yang telah disediakan.

Terakhir, Anda dapat memilih menu "Delete My Account", dan permintaan Anda akan segera diproses. Setelah permintaan Anda disetujui, maka akun WhatsApp Anda tidak akan dapat digunakan lagi, dan secara otomatis orang-orang di dalam kontak Anda juga tidak dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp.

Demikianlah cara menghapus akun WhatsApp yang dapat Anda lakukan jika tidak ingin menggunakan lagi aplikasi pesan instan tersebut, sebagai salah satu aplikasi mengirim pesan, panggilan suara, dan panggilan video yang Anda gunakan.