Sama Seperti Instagram dan Facebook, Begini Cara Membuat Cerita di TikTok
Cara memuat Stories di TikTok (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming. TikTok memungkinkan Anda untuk membuat video pendek Anda sendiri.

Seperti banyak aplikasi media sosial populer lainnya, TikTok telah menambahkan fitur Stories ke pengalaman aplikasinya. Jika Anda pengguna baru atau ingin menggunakan fitur Stories TikTok, simak tutorial berikut ini.

Apa Itu Cerita TikTok?

Pada Maret 2022, TikTok merilis fitur Stories-nya, fitur ini sama seperti yang Anda lihat di aplikasi media sosial lainnya, seperti Snapchat, Instagram, dan Facebook.Sama seperti cara kerja dalam platform lainnya, TikTok memungkinkan penonton untuk melihat Stories selama 24 jam.

Cerita ini muncul di Halaman Untuk Anda seperti video TikTok biasa. Anda juga dapat menyukai Cerita dan meninggalkan komentar publik. Perbedaannya dengan platform lain adalah, Anda biasanya hanya dapat membalas orang yang memposting cerita tersebut.

Selain muncul di Halaman Untuk Anda, Anda juga dapat menemukannya dengan mengetuk gambar profil pengguna. Jika seseorang telah memposting Cerita ke TikTok, mereka akan memiliki lingkaran biru muda yang membungkus foto profil mereka.

Cara Memposting Cerita TikTok

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu ke Kisah TikTok Anda, berikut caranya:

  1. Pastikan Anda menginstal pembaruan TikTok terbaru di perangkat Anda. Jika belum, pergilah ke Google Play Store atau Apple Store.
  2. Buka halaman profil Anda. Anda akan melihat lingkaran biru dengan tanda plus putih di sebelah gambar profil Anda.
  3. Ketuk lingkaran biru. Sekilas layar yang digunakan untuk merekam TikTok Stories tampak sama dengan layar yang Anda lihat saat memposting video TikTok biasa, tetapi karena Anda mengklik lingkaran biru untuk menambahkan cerita, Anda akan melihat opsi "Speed" dipilih di bagian bawah layar. Anda juga dapat beralih antara "Foto" dan "Video" tergantung pada konten apa yang ingin Anda posting ke Cerita Anda.
  4. Ambil foto atau video, atau unggah sesuatu dari rol kamera Anda, dan tambahkan efek dan atau suara yang diinginkan.
  5. Posting Stories Anda. Setelah Anda siap untuk memposting Stories Anda, Anda akan melihat tombol Posting ke Cerita berwarna putih. Anda harus mengklik tombol ini untuk memposting konten Anda ke Cerita TikTok Anda. Tombol "Posting" reguler akan mengarahkan Anda untuk memposting konten ke akun TikTok Anda seperti posting biasa, bukan hanya Cerita Anda. Cincin biru akan membungkus gambar profil Anda setelah Cerita Anda berhasil diunggah.

Tidak seperti Stories di platform lain, tombol suka, tampilan, atau komentar di TikTok semuanya bersifat publik. Ketika Anda mengklik gambar profil Anda, Cerita Anda akan muncul.  Anda akan melihat bahwa Anda dapat melihat berapa banyak orang yang telah melihat Cerita Anda di sudut kiri bawah, dan setiap kali seseorang berinteraksi dengan video Anda.