Fitur Baru TikTok Memungkinkan Kreator Berbagi 'Stories TikTok' ke Instagram dan Facebook
Fitur baru TikTok untuk membangun audiens yang lebih banyak (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sementara aplikasi Meta, Instagram dan Facebook yang tampak sibuk menghadirkan pembaruan fitur mirip TikTok, aplikasi buatan ByteDance ini justru meluncurkan fitur baru yang memungkinkan videonya muncul di lebih banyak platform. 

TikTok mengonfirmasi kepada TechCrunch, bahwa mereka meluncurkan alat baru yang memungkinkan penggunanya membagikan cerita TikTok ke Facebook dan Instagram. 

Menurut laporan yang ada, sebenarnya fitur ini sudah mulai diuji coba sejak tahun lalu, namun tampaknya baru mulai diluncurkan beberapa waktu lalu. 

Namun, perusahaan mengatakan, karena baru saja diluncurkan, kemungkinan masih banyak pengguna yang belum melihat alat tersebut di aplikasinya. 

Menurut perusahaan, langkah ini dapat meningkatkan visibilitas konten TikTok di platform Meta. 

Fitur tersebut, pertama kali ditemukan oleh perusahaan intelijen produk Watchful.ai. Sebelum pembaruan, pengguna TikTok hanya dapat membagikan ceritanya ke teman-teman di TikTok saja.

Nantinya jika fitur ini sudah dirilis secara luas, Anda akan menemukan alat berbagi ke Instagram dan Facebook ini di tab baru yang letaknya berada di atas opsi menyimpan video menghapus, atau mengubah pengaturan privasi. 

Perlu diketahui bahwa fitur ini adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi Stories TikTok bukan Video TikTok. 

TikTok tidak mengonfirmasi kapan fitur tersebut akan diluncurkan sepenuhnya ke basis pengguna globalnya. Namun, perlu dicatat bahwa TikTok Stories sendiri masih dalam pengujian global. 

Lalu, mengingat bahwa ini bukan produk jadi yang siap diluncurkan sepenuhnya, fitur seperti ini mungkin saja tidak diluncurkan ke aplikasi untuk semua pengguna, atau mungkin berubah pada saat produk diluncurkan secara publik.

Biar bagaimanapun, memposting video TikTok stories ke platform lain dapat membuat para kreator menjaring lebih banyak audiens mereka, tanpa harus bersaing dengan Reels.