Kamu Baru 'Bergabung' di Aplikasi TikTok? Simak, Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Tontonan Video
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui bahwa TikTok memiliki fitur yang sama dengan YouTube, yang memungkinkan Anda menemukan riwayat tontonan.

Namun, bagi Anda yang baru saja meluncur ke aplikasi berbagi video pendek ini, Anda perlu tahu bagaimana cara melihat riwayat tontonan tersebut. 

Cara melihat riwayat tontonan di TikTok tidak memerlukan banyak step, dan cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkah yang telah VOI rangkum untuk melihat riwayat tontonan Anda di TikTok. 

Untuk menemukan riwayat tontonan di aplikasi TikTok

1. Ketuk ikon profil Anda di sudut kanan bawah layar.

2. Pilih ikon tiga garis di sudut kanan atas.

3. Ketuk Pengaturan dan privasi > riwayat tontonan. 

Sekarang Anda akan melihat galeri dengan semua video yang telah Anda tonton sebelumnya. Namun perlu dicatat bahwa TikTok hanya akan menampilkan video selama tujuh hari terakhir. Jika ingin menonton video itu lagi, Anda hanya cukup mengklik salah satu video yang ingin Anda tonton ulang.

Cara Menghapus Riwayat Tontonan Video TikTok

Selain menonton ulang riwayat video Anda di TikTok, Anda juga dapat menghapusnya. Caranya juga tidak kalah mudah, berikut cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Buka halaman Riwayat tontonan.

2. Ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas.

3. Ketuk Hapus riwayat > Hapus.

4. Nonaktifkan Riwayat tontonan jika Anda tidak ingin menyimpannya di masa mendatang. 

Perlu diingat bahwa meskipun Anda menonaktifkan riwayat tontonan, TikTok masih akan melacak video mana yang Anda tonton karena begitulah algoritmenya. Fungsinya adalah, untuk memberikan rekomendasi video yang sesuai dengan kesukaan Anda.