TikTok Bakal Punya Fitur Riwayat Tontonan Seperti YouTube
TikTok akan memiliki fitur watch history . (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti YouTube, sebentar lagi TikTok akan memiliki fitur watch history atau riwayat tontonan. Fitur itu sekarang sedang dalam tahap uji coba ke beberapa pengguna terpilih.

Dilaporkan pertama kali oleh Hammod Oh, seorang pengguna Twitter yang terkenal karena mengungkap fitur anyar dari media sosial, fitur riwayat tontonan itu memungkinkan pengguna TikTok untuk menemukan video yang sebelumnya ditonton di halaman For You.

Dengan adanya fitur ini, tentu saja akan berguna untuk pengguna. Pasalnya, jumlah konten baru yang terus-menerus ada secara tidak sengaja akan terlewat sebelum pengguna menyukai video atau ingin menghapusnya dari tombol suka.

Melansir Engadget, Selasa, 29 Maret, pengguna yang kedapatan menjalani pengujian beta akan menemukan fitur ini di bagian konten dan aktivitas di pengaturan aplikasi.

Meskipun ini adalah fitur yang telah lama ditunggu-tunggu bagi banyak pengguna, beberapa telah menemukan solusi sebelumnya untuk melihat riwayat tontonan mereka.

Namun, cara tersebut tidak mudah digunakan atau diakses. Pengguna perlu membuka halaman Discover, mengetuk pencarian, memasukkan tanda bintang dan kemudian beralih pada opsi watch video di tab filter pencarian.

Sebaliknya, jika ada fitur riwayat tontonan, maka akan lebih mudah diakses langsung dari menu pengaturan aplikasi. Sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut menyoal fitur ini, dan belum diketahui pasti kapan TikTok akan meluncurkannya secara global.

Platform lain seperti YouTube dan Facebook telah lebih dahulu memasang fitur riwayat tontonan serupa. Tetapi, raksasa media sosial lainnya, Instagram, yang memiliki Reels, belum membuat fitur riwayat tontonan di platformnya sendiri.