Bagikan:

JAKARTA - Secara tidak sadar, ketika Anda menggunakan aplikasi sosial media apapun, mereka akan melacak aktivitas Anda. Tak terkecuali dengan YouTube.

YouTube menggunakan cookie situs web dan teknologi pelacakan lainnya untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas Anda di situsnya, termasuk informasi seperti video yang Anda tonton, komentar yang Anda tinggalkan, iklan yang Anda klik, dan masih banyak lagi.

Informasi ini kemudian yang membantu YouTube untuk menyesuaikan pengalaman dan menunjukkan kepada Anda video rekomendasi hingga iklan yang ada di aplikasi.

Mungkin Anda sudah tidak asing, ketika Anda menonton video di YouTube, Anda akan melihat video terkait sesudahnya. Ini karena YouTube menggunakan data aktivitas Anda untuk menampilkan konten yang menurut Anda menarik bagi Anda.

Demikian pula, jika Anda melihat iklan di YouTube, itu karena YouTube menganggap Anda adalah target yang baik untuk produk atau layanan tertentu.

Cara Menghentikan YouTube dari Melacak Aktivitas Anda

Untungnya, Anda dapat menonaktifkan fitur pelacakan aktivitas YouTube di perangkat apa pun yang Anda gunakan saat ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghentikan pelacakan YouTube.

  1. Buka aplikasi YouTube dan masuk ke akun Anda (jika belum).
  2. Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas layar.
  3. Kemudian, pilih Data Anda di YouTube.
  4. Di bawah bagian kontrol YouTube, ketuk Kelola Riwayat Tontonan YouTube Anda.
  5. Ketuk tajuk Kontrol dan ketuk tombol Matikan.
  6. Konfirmasikan bahwa Anda ingin berhenti menyimpan riwayat YouTube dengan mengetuk Jeda

Anda juga dapat menghapus riwayat tontonan YouTube yang ada dengan mengetuk Hapus aktivitas lama setelah menjeda riwayat Anda. Ini akan menghapus semua video yang telah Anda tonton dari riwayat YouTube Anda.

Langkah-langkah tersebut berlaku untuk aplikasi YouTube di perangkat Android dan iOS. Langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda pada perangkat lain, tetapi proses keseluruhannya harus serupa.