7 Fitur Kesehatan Digital Google Ini Bisa Bantu Pengguna Seimbangkan Hidup
Fitur Kesehatan Digital Google bisa seimbangkan hidup. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak orang yang membutuhkan alat digital untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka setiap harinya, dan membuatnya lebih mudah melakukan aktivitas mereka, sehingga mereka memiliki ruang untuk fokus pada hal lain yang lebih penting.

Meski demikian, teknologi kerap mengubah cara kita untuk menghabiskan waktu. Terkadang, orang terlalu asyik menggunakan ponsel sehingga melupakan kehidupan nyata mereka.

Bertepatan pada Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10 Oktober lalu, Google membagikan informasi terkait alat dan fitur yang dapat membantu pengguna menemukan keseimbangan yang lebih baik dengan teknologi untuk mencapai rasa kesejahteraan digital pribadi mereka.

Tentunya, hal ini akan membantu pengguna memanfaatkan waktu sebaik mungkin, sehingga teknologi akan selaras dengan hidup mereka.

Menurut Google, alat Kesehatan Digital di Android memberi pengguna gambaran harian tentang seberapa sering mereka memeriksa ponsel dan seberapa sering menggunakan berbagai aplikasi. Simak berikut ini alat dan fitur Kesehatan Digital yang dibagikan Google.

  1. Timer Aplikasi di Android

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menetapkan batas waktu penggunaan suatu aplikasi. Setelah Anda mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap. Jadi, Anda hanya akan menghabiskan waktu yang Anda inginkan.

  1. Mode Waktu Tidur di Android

Anda juga dapat lebih tenang di malam hari dengan fitur seperti mode Waktu Tidur. Jadwalkan untuk waktu tidur Anda sehingga secara otomatis mengubah layar ponsel Anda menjadi grayscale dan membungkam notifikasi dengan fitur Do Not Disturb. Dengan ini, Anda tidak akan mendapat gangguan di ponsel sama sekali.

  1. Profil Waktu Tonton di YouTube

Profil waktu tonton memungkinkan Anda memeriksa rata-rata waktu tonton harian Anda. Ini juga menunjukkan berapa lama Anda telah menonton video di YouTube dalam satu hari, kemarin, dan selama 7 hari terakhir. Fitur ini hanya tersedia di perangkat seluler.

  1. Mode Fokus di Android

Mode fokus memungkinkan Anda memilih aplikasi untuk dijeda sementara. Jika Anda ingin mematikan aplikasi yang mengganggu untuk menyelesaikan sesuatu, Anda dapat mengaktifkan mode ini, bahkan Anda dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis.

  1. Mode Do Not Disturb di Android

Mode ini dapat membisukan suara, menghentikan getaran, dan memblokir gangguan visual. Anda dapat memilih apa yang Anda blokir dan apa yang Anda izinkan.

  1. Pengingat Istirahat di YouTube

Setelah Anda tahu berapa banyak waktu yang Anda habiskan di aplikasi, Anda mungkin ingin menetapkan batas. Anda mudah lupa waktu saat sedang bersenang-senang, itulah sebabnya kami akan membantu Anda menyiapkan pengingat untuk beristirahat.

Anda tinggal membuka Pengaturan di YouTube, lalu pilih jumlah waktu YouTube yang tepat untuk Anda. Setelah Anda mencapai batas itu, pengingat akan muncul di layar Anda.

  1. Notifikasi: Ringkasan Terjadwal

Secara default, semua suara dan getaran dari aplikasi YouTube dinonaktifkan antara pukul 10 malam dan 8 pagi. Anda dapat menyesuaikan waktu mulai dan berakhir untuk memastikan bahwa notifikasi dari aplikasi YouTube dikirim secara diam-diam ke ponsel Anda selama waktu yang ditentukan setiap hari.

Jika Anda ingin lebih mengontrol saat menerima notifikasi dari YouTube, Anda dapat menggabungkan semua notifikasi YouTube ke dalam satu notifikasi setiap hari dan menyetel waktu tertentu untuk menerima ringkasan Anda di pengaturan akun YouTube Anda.