Instagram Makin Dibikin Ketar-ketir, TikTok Akhirnya Luncurkan Mode Foto
TikTok akhirnya meluncurkan format foto (foto: dok. tiktok).

Bagikan:

JAKARTA - Instagram memang sudah terbiasa terlihat menyalin format video TikTok, tapi kali ini cukup mengejutkan di mana TikTok akhirnya meluncurkan format foto seperti pesaingnya itu.

Dijuluki Mode Foto atau Photo Mode, pengguna TikTok sekarang bisa mengunggah foto mereka yang dilengkapi dengan keterangan foto hingga 2.200 karakter.

"Jika Anda lebih suka mengekspresikan diri dalam format selain video, kami merilis Mode Foto, format korsel baru yang tersedia di ponsel untuk konten foto yang ideal untuk berbagi gambar berkualitas tinggi di TikTok,” ujar pada blog resminya yang dikutip Jumat, 7 Oktober.

TikTok berharap Photo Mode bisa sebagai wadah konten kreator untuk mengekspresikan diri mereka dan terhubung lebih dalam dengan orang lain.

“Photo Mode memungkinkan Anda untuk berbagi pos korsel gambar diam yang secara otomatis ditampilkan satu demi satu. Anda dapat menambahkan musik ke soundtrack gambar, yang dapat digulir oleh pemirsa dengan kecepatan mereka sendiri,” kata TikTok.

Seperti yang dipikirkan, Photo Mode juga membuat bagian Page For You semakin mirip Instagram dengan antarmuka yang cukup berbeda.

Namun, gambar yang dibagikan ke Photo Mode tidak terlihat pada versi layanan berbasis browser dan hanya dapat dilihat saat menggunakan aplikasi.

Laporan Mashable mengatakan, fitur tersebut saat ini sedang digunakan oleh konten kreator untuk membagikan meme dan konten lain yang sering populer di Instagram.

Photo Mode cukup akan membuat Instagram ketar-ketir, di mana sosial media milik Meta itu juga saat ini sedang berjuang melawan pasar TikTok melalui Reels-nya.

Meski begitu, TikTok masih jauh melampaui Reel Instagram dalam waktu tonton harian. Melansir Engadget, ini juga pertarungan terbaru dari setiap platform media sosial tanpa malu-malu menyalin satu sama lain sampai mereka semua terlihat sama.

Belum lama ini, Twitter memperkenalkan umpan bergaya TikTok untuk video layar penuh. Sementara YouTube Shorts, yang merupakan tiruan TikTok, menambahkan gaya TikTok seperti pengisi suara.