Bikin Reels Jadi Menarik? Simak Cara Tambahkan Musik Lewat Tab Audio Instagram
Instagram menambahkan tab Audio untuk memudahkan pengguna mencari lagu. (foto: dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram belum lama ini meluncurkan Reels, yang bertujuan menjadi platform untuk mengekspresikan diri dengan cara lain. Dalam membuat konten Reels, pengguna harus menyematkan lagu untuk membuatnya menjadi lebih menarik.

Instagram menambahkan tab Audio untuk memudahkan pengguna mencari lagu kemudian disematkan pada Reels. Aplikasi milik Facebook ini telah mendedikasikan seluruh tab pencarian untuk konten audio, sehingga memudahkan pembuat konten untuk menemukan lagu atau konten audio yang sempurna untuk konten Instagram mereka.

Mengikuti kesuksesan Reel dan Instagram Stories karena sifat audio-visualnya, Instagram telah menambahkan tab untuk mencari dan menemukan trek audio di halaman Explore. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan fitur Audio di Instagram, dikutip dari Make Us Of, Kamis, 16 September.

Cari Lagu Favorit untuk Reels Lewat Tab Audio Instagram

Alat pencarian audio baru memungkinkan konten kreator mencari lagu dan audio di dalam aplikasi Instagram menggunakan keywords. Saat pengguna mengetuk sebuah lagu, Instagram akan menampilkan daftar Reels yang telah mengambil sampel lagu tersebut.

Cara ini dapat membantu mereka memutuskan apakah lagu tersebut cocok untuk jenis Reels yang ingin disertakan. Hal ini juga memungkinkan konten kreator untuk melihat Reels yang sedang tren menggunakan lagu tersebut.

Fitur ini juga memberi konten kreator kesempatan agar Reels dilihat oleh khalayak yang lebih luas jika mereka memutuskan untuk mengikuti tren dengan menggunakan lagu tersebut secara bersamaan.

Pada Juli lalu, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan dalam sebuah video, bahwa platform tersebut bukan lagi aplikasi berbagi video, dan Instagram sedang bekerja untuk meningkatkan aplikasi dengan fitur yang lebih beragam.

Alat pencarian Audio baru tersebut hanyalah cara lain Instagram untuk mempermudah konten kreator dan pengguna untuk membuat konten dengan musik. Sekaligus meningkatkan fitur Reels-nya juga. Misalnya, pada Mei lalu, Instagram mulai memberikan wawasan untuk Reel dan konten Live dalam upaya membantu konten kreator mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi.

Cara Mencari Audio di Instagram

Menggunakan tab pencarian Audio Instagram semudah mencari hal lain di Instagram. Fitur ini mirip dengan tab Audio TikTok, yang dapat menandakan bahwa Instagram sedang mencoba untuk memenangkan pasar video berdurasi pendek yang telah lebih dahulu dikembangkan dengan sangat baik oleh TikTok.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai menggunakan tab Audio untuk menemukan trek favorit Anda:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Ketuk ikon pencarian di kiri bawah layar.
  3. Ketuk bilah pencarian di bagian atas layar. Ini akan membuka halaman pencarian dengan tab yang berbeda seperti sebelumnya, dengan tab Top dipilih secara otomatis.
  4. Sekarang pilih tab Audio di antara Akun dan Tag.
  5. Terakhir, ketik nama lagu atau artis dan pilih yang Anda cari dari daftar yang tersedia.