Bagikan:

JAKARTA - Instagram selalu mengalami perubahan fitur dari tahun ke tahun. Jika sebelumnya Instagram hanya difokuskan untuk berbagi foto, kini platform yang dipimpin oleh Adam Mosseri itu telah berubah arah.

Dilansir dari Makeuseof, Mosseri sempat menyatakan bahwa Instagram bukan lagi aplikasi berbagi video atau foto. Bahkan, platform Instagram kini semakin berkembang dengan adanya fitur Reels serupa TikTok.

Instagram  memiliki alat pencarian audio yang begitu memudahkan penggunanya. Alat ini membantu Anda untuk mencari sebuah lagu dengan keyword atau kata kunci. Bahkan, ketika Anda menemukan lagu yang diinginkan, Reels yang menggunakan lagu tersebut juga akan muncul.

Alat pencarian audio di Instagram terbilang  mudah digunakan. Jika Anda familiar dengan penggunaan fitur TikTok, maka pencarian audio di Instagram tak akan menyulitkan. Berikut langkah-langkah untuk mencari audio yang tepat di fitur pencarian audio:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Ketuk ikon pencarian di bagian kiri bawah layar
  3. Ketuk bagian pencarian di atas layar dan cari lagu yang diinginkan, lalu tekan tombol enterHasil pencarian akan memunculkan beberapa pilihan tab, termasuk tab audio.
  4. Ketuk bagian audio di antara tab Reels dan Tags.
  5. Pilih lagu atau artis yang sedang dicari dari deretan daftar yang muncul.

Menariknya, audio yang Anda pilih bisa langsung digunakan untuk membuat Reels dan bisa dikirimkan ke teman Anda. Audio ini juga bisa disimpan atau ditelusuri terkait Reels yang sudah dibuat dengan audio tersebut.

Jika Anda lupa dengan judul lagunya, Anda bisa langsung memasukkan nama artis yang menyanyikan lagunya. Setelah nama artis ditelusuri, tab audio akan memunculkan lagu-lagu milik artis tersebut.

Itu dia cara yang tepat dalam mencari audio di tab pencarian audio Instagram. Jika Anda masih memiliki kendala dalam mencari judul lagu hingga artis yang menyanyikannya, cobalah cari di Google terlebih dahulu sebelum meluncur ke Instagram.