India Belum Berhasil 'Bangunkan' Penjelajah Bulan' Chandrayaan-3 dari Hibernasi
Tangkapan layar, potret Chandrayaan-3 yang mendarat di bulan (foto: dok. ISRO)

Bagikan:

JAKARTA – Insinyur Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) sedang melakukan upaya untuk membangunkan pendarat dan penjelajah Chandrayaan-3 dari hibernasi.

ISRO sempat mengunggah postingan di platform X, sebelumnya Twitter, pada Jumat, 22 September lalu. ISRO mengaku tengah berupaya menjalin komunikasi dengan pendarat Vikram dan penjelajah Pragyan untuk memastikan mereka sudah bangun.

Meski telah mencoba menghubungi, dilansir dari Space, pendarat dan penjelajah ini belum memberikan respons. “Upaya untuk menjalin kontak akan terus berlanjut," ujar keterangan ISRO.

Penjelajah Pragyan dan penjelajah Vikram memulai hibernasinya di tanggal yang berbeda. Pragyan memulai hibernasinya lebih dahulu pada 2 September lalu, kemudian disusul oleh Vikram dua hari kemudian.

Sebelum melakukan hibernasi, Pragyan sempat menjelajahi lokasi pendaratan dan mengirimkan gambar ke bumi. Sementara itu, Vikram melakukan beberapa eksperimen ilmiah seperti mengukur suhu lapisan atas regolit bulan.

Selain itu, Vikram juga melakukan analisis pada komposisi kimia debu bulan dan menemukan jejak belerang yang kemungkinan besar menyimpan petunjuk terkait aktivitas gunung berapi di masa lalu.

Misi yang dilakukan oleh Pragyan dan Vikram pun telah usai. Di tengah masa hibernasinya, ISRO berharap Pragyan dan Vikram mampu bertahan di malam bulan yang sangat dingin.