Meta Memperluas Layanan Verifikasi untuk Bisnis di Facebook, Instagram, dan WhatsApp
Meta memberikan banyak fitur tambahan untuk verifikasi pengguna dan bisnis (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platform Inc., perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp, mengumumkan perluasan layanan verifikasinya untuk bisnis. Layanan ini awalnya diluncurkan untuk individu pada tahun ini. Namun kini akan tersedia untuk pemilik bisnis.

Meta Verified memberikan berbagai manfaat kepada pemilik akun yang telah terverifikasi, termasuk tanda centang dan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, akses ke saluran dukungan pelanggan yang lebih cepat, dan perlindungan proaktif terhadap penipuan identitas. Perusahaan juga berencana untuk menampilkan "bisnis yang Diverifikasi Meta" dalam rekomendasi di dalam aplikasi Facebook dan Instagram.

Untuk mendapatkan status terverifikasi, pelanggan, termasuk bisnis, harus melewati proses verifikasi identitas. Ini berarti pelanggan bisnis harus memberikan bukti keterkaitan mereka dengan bisnis tersebut, misalnya melalui nomor telepon atau domain email yang terkait. Selain itu, Meta mengharuskan pelanggan untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor dan memenuhi tingkat aktivitas minimum.

Harga layanan verifikasi Meta akan berbeda antara individu dan bisnis. Untuk akun tunggal di Facebook atau Instagram, biayanya adalah 27,99 dolar AS (Rp460 ribu) per bulan untuk pendaftaran melalui perangkat seluler atau 21,99 dolar AS (Rp337 ribu) jika dilakukan melalui web.

Pemilik bisnis yang mendaftar melalui web dapat membeli verifikasi untuk Instagram dan Facebook sekaligus dengan biaya 34,99 dolar AS (Rp537 ribu) per bulan. Harga ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya verifikasi Meta untuk individu, yang berkisar antara 12 hingga 15 dolar AS per bulan.

Meta juga berencana untuk membawa layanan verifikasi ini ke WhatsApp, dengan beberapa keuntungan tambahan seperti dukungan untuk obrolan pelanggan di beberapa perangkat dan kemampuan untuk membuat halaman bisnis yang akan muncul dalam hasil pencarian berbasis web. Namun, biaya untuk status terverifikasi di WhatsApp belum diumumkan.

Layanan pembayaran dalam aplikasi di WhatsApp juga akan diperluas ke pedagang di India. Aplikasi ini akan mendukung pembayaran kartu kredit dan debit, serta aplikasi lain seperti Razorpay.

Meta juga memperkenalkan fitur yang disebut "WhatsApp flows" yang memungkinkan bisnis untuk membuat fitur-fitur khusus seperti pemesanan janji langsung dari obrolan dalam aplikasi. Fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp Business dalam "beberapa minggu mendatang."

Pengumuman ini menunjukkan Meta terus berusaha meningkatkan layanannya untuk pengguna bisnis di berbagai platformnya.