Instagram Luncurkan Banyak Fitur Baru untuk Reels, Termasuk Merombak Antarmuka Laman Editor
DOK Instagram

Bagikan:

JAKARTA - Instagram mengumumkan banyak fitur dan perubahan baru untuk Reels, format video pendeknya yang menjadi pesaing TikTok. Di antaranya adalah, trending audio, tagar, menyempurnakan antarmuka (UI) di alat pengeditan di Reels dan banyak lagi.

Dengan pembaruan ini, konten kreator dapat menemukan ide konten baru saat melihat lagu-lagu trending teratas di Reels, dan melihat berapa kali audio telah digunakan. Kreator tinggal mengetuk lagu yang dipilih untuk menggunakannya, atau simpan audio sendiri.

Untuk mengakses tujuan khusus baru ini, kreator harus menavigasi ke Dasbor Profesional mereka dan memilih opsi Periksa Tren Reel hari ini.

Dari sana, mereka akan dibawa ke halaman Reels Trends di mana kreator dapat menemukan audio dan tagar yang sedang trending.

Pembaruan ini juga menyertakan UI editor di Reels yang didesain ulang. Instagram membuat penyelarasan dan pengaturan waktu berbagai elemen menjadi lebih mudah.

Pengguna dapat menambahkan klip video, audio, teks, dan stiker tambahan ke draf Reels mereka melalui lauar pengeditan tunggal.

"Ini membuatnya lebih mudah untuk menyelaraskan dan mengatur waktu elemen Reels Anda ke momen yang tepat dengan cara yang lebih visual," ungkap Instagram, dikutip dari laman resminya, Sabtu, 15 April.

Kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil garis waktu seperti editor video tradisional juga dibawa Instagram ke dalam Reels.

Pengguna dapat mengetuk klip audio di editor untuk mengatur waktu sesuai dengan visual. Semua fitur pengeditan ini sekarang tersedia di perangkat Android dan iOS secara global.

Selain itu, Instagram telah menambahkan dua metrik baru di bawah Reels Insights untuk memberikan gambaran kinerja konten yang lebih baik.

InSights merupakan total waktu tonton dan rata-rata yang menurut Instagram akan membantu kreator lebih memahami di mana orang terlibat atau di mana mereka mungkin perlu membuat kaitan yang lebih kuat agar pemirsa bertahan lebih lama.

Terakhir, Instagram akan memberikan pemberitahuan khusus jika seseorang mengikuti pengguna setelah menonton salah satu Reels mereka.

Instagram juga menghadirkan fitur hadiah berbayarnya ke lebih banyak kreator dengan merilisnya di Australia, Kanada, Prancis, Meksiko, Selandia Baru, dan Inggris, dalam beberapa minggu mendatang.

Kreator juga dapat melihat nama pengguna yang telah mengirimi mereka hadiah dan menunjukkan tanda terima dengan mengetuk ikon hati di samping nama mereka.

Semua ini berkontribusi pada daftar fitur Instagram yang dirilis hingga 2023, termasuk Koleksi, Saluran Siaran, Mode Diam dan verifikasi berbayar.