Meta Bakal Fokus pada Reels, Begini Cara Buat Reels Facebook Anda Lebih Menarik
Cara membuat Reels dj Facebook (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Meta mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan fitur Live Shopping di Facebook dan akan berfokus pada Reels. 

Meta memperkenalkan Reels pertama kali ke Instagram pada tahun 2020, dan karena kepopuleran Reels melonjak, Meta akhirnya memperluas fitur ini ke platform lainnya, yaitu Facebook pada Februari 2022.

Pada dasarnya membuat Reels di Facebook sangatlah mudah, tapi jika Anda belum begitu memahami cara membuatnya, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat Reels di Facebook

Cara Membuat Reels di Facebook

  1. Luncurkan aplikasi Facebook di perangkat Anda.
  2. Ketuk Reels tepat di atas Cerita Anda.
  3. Ketuk pada panel Create Reels untuk membuat Reels baru.
  4. Anda dapat memilih untuk mengambil rekaman langsung di aplikasi, atau memilih video dan foto dari rol kamera Anda.
  5. Setelah Anda memilih konten Anda, saatnya untuk mengedit. Anda dapat menambahkan efek, filter, dan musik ke Reel Anda.

Merekam Video Langsung dari Aplikasi Facebook

Jika Anda ingin memposting Reels dengan langsung merekamnya saat itu juga, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian kanan layar Anda. Anda akan melihat opsi Add Music, Speed, Effect, Timer, dan Green Screen

Pada tab Add Music, Anda dapat memilih untuk menambahkan soundtrack atau lagu ke Reels Anda dari perpustakaan lagu berlisensi Facebook.

Opsi Speed berfungsi untuk mengatur kecepatan video Anda. Anda bisa mempercepat atau memperlambat video Anda dengan mudah. 

Kemudian opsi Effect adalah tempat Anda dapat menambahkan filter ke Reels Anda. Sedangkan Timer, akan memungkinkan Anda memilih berapa lama Anda ingin kamera berjalan sebelum mulai merekam.

Terakhir, opsi Green Screen adalah efek yang paling menyenangkan. Efek ini memungkinkan Anda mengubah latar belakang video Anda.

Banyak Fitur Menarik di Reels Facebook

Tidak hanya merekam video saja, Meta juga memberikan banyak alat baru ke Reels Facebook yang akan membuat Reels Anda lebih menarik dan kreatif. 

Salah satu fiturnya adalah Sharing to Reels, ini merupakan cara baru untuk berbagi video pendek ke Facebook. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi video dari aplikasi pihak ketiga ke akun Facebook mereka.

Pengguna dapat membagikan video mereka lewat aplikasi pihak ketiga, lalu menyesuaikannya dengan alat pengeditan seperti audio, teks, efek, teks, dan stiker. Untuk menghemat waktu, pengguna tidak perlu mengunduh video tersebut, mereka sekarang dapat membuat serta membagikan video ini hanya dengan satu ketukan tombol.