Facebook Mulai Ditinggalkan Pengguna, Meta Langsung Luncurkan Reels Secara Global
Facebook meluncurkan fitur video pendek Reels secara global. (foto: dok. facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah muncul lama di Instagram, kini giliran Facebook meluncurkan fitur video pendek Reels secara global. Meta sebagai perusahaan induk berupaya untuk memperluas format konten yang tumbuh paling cepat.

Itu dilakukan usai laporan pendapatan awal bulan ini, bahwa jumlah pengguna secara keseluruhan Facebook turun. Raksasa media sosial itu disinyalir telah kehilangan sepertiga dari nilai pasarnya.

Maka tak heran, jika Reels sekarang menjadi prioritas utama untuk menarik pengguna yang lebih muda. Fokus pada Reels datang karena banyak pengguna berbondong-bondong ke platform saingan seperti TikTok.

Penelitian internal dari Meta, yang dibocorkan oleh mantan karyawan dan pelapor Frances Haugen, menunjukkan pengguna muda telah menurun sejak 2012 dan yang bertahan hanya pengguna berusia 25 tahun ke atas.

Dalam peluncuran ini, Reels sudah tersedia di Amerika Serikat (AS) dan di negara yang mengadopsi bahasa Inggris lebih dahulu, tetapi sekarang akan diperluas ke total 150 negara dan ditampilkan lebih menonjol di aplikasi Facebook dan Instagram.

Format video pendek itu juga akan menawarkan lebih banyak fitur pengeditan dan berbagi, termasuk memungkinkan pengguna untuk me-mix ulang video orang lain untuk menambahkan komentar mereka sendiri.

Sebagai informasi yang dikutip dari The Guardian, Rabu, 23 Februari, Meta meluncurkan Reels di Instagram pada 2020 dan di Facebook pada 2021 sebagai jawaban melawan pasar aplikasi video pendek TikTok yang sangat populer, yang dimiliki oleh raksasa teknologi China, ByteDance.

“Reels sudah menjadi format konten kami yang paling cepat berkembang sejauh ini, dan hari ini kami membuatnya tersedia untuk semua orang di Facebook secara global,” ujar CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah unggahan Facebook.

Perusahaan, yang mengatakan bahwa feed video sekarang menyumbang setengah dari waktu yang dihabiskan orang di Facebook, juga mengumumkan cara baru bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang melalui fitur Reels.

 

Meta diketahui sedang memperluas programnya untuk membayar bonus konten kreator ke lebih banyak negara dan sedang menguji iklan overlay menggunakan spanduk, serta stiker untuk mendapatkan pendapatan iklan. Itu akan segera meluncurkan iklan layar penuh di antara Reels.

 

Terakhir, Meta juga mengatakan akan meluncurkan pembaruan bagi pengguna untuk membuat dan melihat Reels Facebook di tempat baru, seperti di fitur Stories, tab Watch, dan di bagian atas Feeds. Di beberapa negara, pengguna juga akan melihat Reels yang disarankan di feeds mereka.