Instagram Kembali Jadi Media Sosial, Tab Shop Akan Segera Menghilang dari Beranda!
Instagram Ubah Antarmuka Hilangkan Tab Shop (FOTO: dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram kembali merombak antarmuka (UI) aplikasinya dengan beberapa perubahan kecil pada tata letak, di mana tab Belanja atau Shop kini dihilangkan dari laman Home.

CEO Instagram Adam Mosseri melalui jejaring sosialnya menjelaskan, bilah navigasi di bagian bawah aplikasi sekarang akan memiliki tab Create di tengah untuk membuat postingan baru, sementara tombol Reels bergeser ke kanan, sedangkan tab Shop akan hilang.

Namun, bukan berarti fitur Shop benar-benar menghilang dari aplikasi, ia hanya akan berjalan diseluruh bagian Instagram, seperti di Feed, Reels, Stories, dan iklan.

Hanya saja, tidak akan ada tab khusus untuk Shop. Fitur tersebut biasanya menawarkan rekomendasi yang ditargetkan untuk mendorong pengguna berbelanja di luar penawaran mid-feed biasa.

Perubahan ini tidak mengejutkan, karena beberapa rumor telah banyak disebutkan pada September tahun lalu, dimana Instagram mulai menguji desain baru tersebut. Dan kini menjadi kenyataan.

Di saat itu, Instagram juga dilaporkan berencana mengurangi banyak fitur belanjanya. Perusahaan memberi tahu karyawannya mereka akan mengalihkan upayanya dari e-commerce ke bisnis periklanan, yang merupakan sumber pendapatan utama Meta.

Melansir Engadget, Selasa, 10 Januari, dalam video singkat yang mengumumkan perubahan itu, Mosseri mencirikan penyegaran sebagai upaya untuk menyederhanakan layanan dan fokus untuk menghubungkan orang ke hal yang mereka sukai.

Kemungkinan, Mosseri telah mengingat bahwa ini adalah jejaring sosial, bukan sebuah e-commerce. Menariknya, tab Shop diperkenalkan bersama dengan tab Reels selama pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Instagram menyatakan yakin lebih banyak orang akan bersedia membeli secara online dan tab Shop akan menjadi peluang besar bagi bisnis kecil untuk menjangkau pelanggan baru. Meskipun ini benar, tab Shop jelas belum sepopuler tab Reels. Sebagai informasi, semua perubahan itu akan hadir pada Februari.