Instagram Mulai Hapus Tab Shop di Beranda, Fitur, Gagal?
Sekarang tab Shop tak lagi muncul di Home Feeds Instagram. (foto: dok. instagram) .

Bagikan:

JAKARTA - Instagram kembali mempercantik tampilannya, sekarang tab Shop tak lagi muncul di Home Feeds, digantikan oleh tab Notification. Tab Shop yang sebelumnya berada di bilah navigasi bawah kini berada di menu bersama opsi seperti pengaturan dan postingan yang disimpan.

Meski media sosial itu belum mengumumkan perubahan secara resmi, beberapa pengguna sudah disuguhkan dengan tampilan baru tersebut.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menyederhanakan pengalaman Instagram Anda, kami menguji beberapa perubahan pada bilah navigasi utama di bagian bawah aplikasi dengan sejumlah kecil orang," ungkap juru bicara Meta, Anne Yeh kepada The Verge yang dikutip, Selasa, 27 September.

Dua tahun lalu, tab Shop di Instagram muncul selama pandemi ketika belanja online berada pada titik tertinggi. Fitur ini memberi konten kreator cara baru untuk terhubung dengan pengguna.

Konten kreator, merek, dan bisnis kecil dapat menawarkan produk untuk dijual, sehingga pengguna dapat langsung membeli barang yang muncul di feed mereka.

Tab Shop juga menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi, pilihan editor, aliran pedagang langsung, dan banyak lagi. Meskipun tidak ada yang tahu seberapa sukses tab Shop untuk konten kreator atau Instagram sendiri.

Melansir XDA Developers, penghapusan tab Shop saat ini hanyalah uji coba bagi pengguna terbatas. Menurut The Information, tab Shop pada akhirnya akan dihapus sepenuhnya pada 2023, diganti dengan pengalaman berbelanja yang tidak akan terlalu dipersonalisasi.

Namun, Meta terus meluncurkan fitur baru seputar belanja, termasuk pembaruan pesan yang memungkinkan pemilik bisnis menangani layanan pelanggan melalui DM.

“Commerce tetap penting bagi Instagram karena kami terus mempermudah orang untuk menemukan dan berbelanja produk di seluruh aplikasi mulai dari Deed, Stories, Reel, dan inovasi seperti Live Shopping dan Drop,” tutur Yeh.