Cara Mendapat Uang di TikTok, Modal Percaya Diri dan Kreatif!
Ilustrasi cara mendapat uang di TikTok (Unsplash/@collabstr)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Era digital telah memberi jalan bagi penggunannya untuk mendapatkan uang secara online. Jika dulunya kita hanya mengenal berburu cuan dari YouTube atau Facebook, kini anda bisa mendapatkan uang dari TikTok. 

TikTok menjadi platform sosial media yang semakin populer, bahkan menyaingi Instagram. Platform yang dirilis pada tahun 2016 ini kini telah digunakan oleh user dari seluruh dunia dan berbagai kalangan, baik anak muda hingga orang tua. Berbeda dengan Instagram, konten-konten yang dibagikan di TikTok berbentuk video sepenuhnya.

Awalnya TikTok menjadi media sosial untuk berbagi video. Kini TikTok bisa menjadi keran penghasilan tambahan. Ada cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa anda coba.

Cara Mendapat Cuan di TikTok

Pengguna TikTok kini tidak hanya menggunakan aplikasi ini untuk berbagai aktivitas atau pengalaman dalam bentuk video. Banyak pengguna TikTok yang memanfaatkannya untuk mencari sumber penghasilan. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengais cuan di TikTok.

Menjadi Influencer

Era digital telah melahirkan banyak profesi baru, salah satunya adalah influencer. Menjadi influencer adalah salah satu cara mendapatkan uang di TikTok. Influencer adalah orang yang mempunyai pengaruh tinggi, misalnya publik figur yang punya banyak penggemar. Anda juga bisa menjadi influencer jika memiliki banyak followers di media sosial.

Influencer bisa mendapakat uang di TikTok dengan mempromosikan produk atau layanan mereka. Karena bisa mempengaruhi orang, maka peluang untuk menjangkau banyak pasar sangatlah tinggi. Selain menjual produk sendiri, biasanya influencer juga akan diminta untuk mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Influencer disebut punya tarif tinggi tergantung dengan seberapa tinggi pengaruhnya atau seberapa banyak followersnya. 

Live di TikTok untuk Mendapatkan Gift

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa anda coba selanjutnya adalah melalui Live TikTok. Platform ini telah menyediakan fitur Live yang bisa digunakan oleh user untuk melakukan siaran langsung. 

Fitur live TikTok bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Banyak user TikTok yang melakukan live dan mendapatka uang dari virtual gift yang diberikan penonton siarannya. Pemilik akun bisa menukarkan gift tersebut ke dalam bentuk uang. 

Membuat Konten Bersponsor

Anda juga bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan cara membuat konten bersponsor. TikTok telah menghadirkan fitur sponsor dalam konten yang dibuat oleh user. Konten bersponsor yang anda buat berpotensi dilirik oleh suatu brand atau perusahaan dan diajak bekerja sama. 

Anda akan mendapatkan bayaran dari kerja sama konten bersponsor dengan suatu brand. Jika anda masih pemain baru, anda bisa memulainya dengan membangun portofolio dan berkolaborasi dengan brand-brand kecil seperti UMKM di daerah-daerah.

Selain itu, anda juga bisa bergabung di TikTok Creator Marketplace (TCM). TCM merupakan platform yang mewadahi kolaborasi antara user dengan berbagai brand. Namun untuk bisa bergabung di TCM, syaratnya harus memiliki lebih dari 100.000 followers dan punya lebih dari 100.000 like video dalam 28 hari terakhir ketika mendaftar. 

Memanfaatkan TikTok Ads untuk Berjualan

TikTok juga memiliki fitur TikTok Ads atau iklan TikTok. Fitur ini bisa digunakan untuk mendapatkan uang dengan cara mengarahkan pengguna TikTok ke situs e-commerce atau toko online anda. 

TikTok Ads bisa membantu mempromosikan produk atau layananmu ke pasar di aplikasi ini. Anda bisa mengiklan memakai video untuk mempromosikan produk. Selain itu, anda juga bisa berkreasi dengan iklan top view untuk menjangkau pasar lebih luas. 

Membuat TikTok Talent Management

Cara mendapatkan cuan dari TikTok yang lain adalah dengan membuat TikTok talent management. Cara yang satu ini sudah di level yang lebih tinggi karena anda tidak hanya mempekerjakan diri sendiri, melainkan melibatkan sebuah tim. 

Untuk membuat TikTok Talent Management anda harus tahu banyak hal tentang TikTok, mulai dari fiturnya, aturannya, strategi marketing, user experience, dan sebagainya. TikTok talent management sangat cocok bagi anda yang berminat menjadi produser dan content creator.  

Melalui agency talent management ini anda bisa menawarkan berbagai jasa kepada user TikTok bagi untuk bisnis, instansi, maupun individu. Beberapa layanan yang bisa anda tawarkan, di antaranya content management, produksi video, jasa talent, strategi konten, hingga konsultan TikTok. 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang di TikTok yang bisa anda coba. Kini telah banyak user yang memanfaatkan TikTok sebagai sumber pengais cuan. Kuncinya adalah anda mau belajar, percaya diri, dan jeli melihat peluang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.