Apa Itu Koin TikTok dan Berapa Nilai Tukarnya? Begini Cara Mudah Mendapatkannya
Apa itu koin TikTok (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - TikTok saat ini tengah menjadi platform digital yang digandrungi banyak orang karena menyediakan berbagai fitur yang menarik. Salah satunya adalah adanya item koin virtual yang bisa diperoleh para penggunanya. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu ‘Koin TikTok’ dan berapa nilainya.

Koin TikTok dihadirkan sebagai alat pembayaran atau mata uang yang berlaku di dalam aplikasi sharing video ini. Koin ini bisa digunakan untuk keperluan aktivitas di TikTok, salah satunya mengirim gift. Pengguna TikTok bisa mendapatkan koin ini dengan cara topup atau melakukan pembelian memakai uang asli. 

Koin TikTok juga bisa didapatkan dengan cara menyelesaikan misi atau tugas dari TikTok. Kini banyak orang memanfaatkan koin virtual ini untuk mencari penghasilan tambahan. Lantas apa itu Koin TikTok dan bagaimana cara memilikinya?

Apa Itu Koin TikTok

Koin TikTok adalah mata uang virtual yang disediakan dalam aplikasi TikTok. Mata uang ini dapat menjadi alat tukar, yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai traksasi di dalam TikTok. Misalnya ketika ingin membeli barang virtual, berbagi hadiah kepada kreator konten, hingga membeli layanan di TikTok.

Koin TikTok dapat dibeli melalui berbagai denominasi dan menggunakannya untuk kebutuhan di aplikasi ini. Namun perlu diingat bahwa koin virtual ini hanya berlaku dalam ekosistem TikTok dan tidak bisa dicairkan menjadi uang tunai secara langsung. Koin ini memang dihadirkan untuk memfasiltiasi berbagai transaksi dalam platform TikTok dan mendukung keperluan para kreator konten. 

Berapa Nilai Koin TikTok

Setiap koin TikTok memiliki nilai tukar rupiah yakni Rp75. Semakin banyak koin yang bisa dikumpulkan atau dimiliki, maka nilai uang yang didapatkan pun semakin besar. Misalnya Anda mempunyai 1000 koin maka nilai yang dimiliki sebesar Rp17.000 jika ditukarkan dalam bentuk tunainya. 

Cara Mendapatkan Koin TikTok

Pengguna bisa mendapatkan koin TikTok dengan berbagai cara, mulai dari membelinya pakai uang asli, bentuk reward karena menyelesaikan tugas, atau mengikuti promosi tertentu. 

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memiliki koin TikTok:

Membeli Koin

Pengguna bisa membeli koin TikTok dengan memakai uang sungguhan. Pembelian koin dapat dilakukan melalui toko dalam aplikasi TikTok dengan tawaran jumlah koin yang bervariasi tergantung berapa yang ingin dibeli. 

Menyelesaikan Tugas Harian

TikTok kerap menawarkan tugas atau misi kepada penggunanya. User bisa melaksanakan dan menyelesaikan misi tersebut untuk mendapat koin TikTok. Misalnya tugas menonton video selama jumlah waktu tertentu atau melakukan interaksi dengan konten tertentu. 

Mengundang Teman

Koin TikTok juga bisa didapatkan dengan mengundang teman untuk bergabung di TikTok melalui kode referensi. Jika ada orang yang mendaftar akun TikTok menggunakan kode referensi dari pengguna, maka pengguna akan memperoleh bonus koin dari TikTok. 

Menggunakan Fitur Hadiah

Pengguna juga bisa memperoleh koin TikTok dengan menerima gift dari user lain. Untuk mendapatkannya, pengguna harus menjadi kreator konten yang melakukan siaran langsung. Nantinya penonton Anda dapat memberikan dukungan dalam bentuk koin TikTok.

Berpartisipasi dalam Promosi

TikTok juga terkadang mengadakan promosi atau acara khusus. Pengguna dapat memenangkan koin TikTok sebagai hadiah saat mengikuti promosi tersebut. 

Penghargaan dari TikTok

Terkadang TikTok juga akan memberikan koin kepada penggunanya sebagai bentuk penghargaan. Apresiasi dari TikTok ini biasanya diberikan kepada pengguna atau kreator konten yang terlibat dalam aktivitas positif di platform tersebut. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu koin TikTok dan cara mendapatkanya. Sebagai mata uang virtual, banyak pengguna TikTok yang memanfaatkanya untuk mencari penghasilan tambahan.