Instagram Hapus Fitur <i>Live Shopping</i> Instagram Mulai 16 Maret
Pengumuman menghentian fitur live shopping instagram (foto: tangkapan layar website instagram)

Bagikan:

JAKARTA -  Meta sebelumnya sudah mengumumkan sebelumnya bahwa perusahaan akan menghilangkan tab Belanja atau Shop dari beranda Instagram. Tidak berhenti sampai di situ, Meta juga memperingatkan pengguna bahwa belanja langsung akan ditutup pada 16 Maret.

Menurut pengumuman yang ditemukan oleh Engadget, Instagram mengatakan bahwa saat tanggal tersebut, Anda sudah tidak dapat lagi menandai produk di dalam siaran langsung instagram. 

Menurut perusahaan milik Mark Zuckerberg itu, perubahan ini dimaksudkan agar mereka bisa fokus pada produk dan fitur-fitur yang lebih banyak dan lebih berguna untuk penggunanya.

"Mulai 16 Maret 2023, Anda tidak dapat lagi menandai produk dalam siaran langsung di Instagram. Perubahan ini akan membantu kami berfokus pada produk dan fitur yang memberikan nilai paling tinggi bagi pengguna kami," kata Meta.

Meski demikian, Anda masih tetap bisa menyiapkan atau menjalankan toko Anda di Instagram baik dari feed, story, reel, iklan. maupun fitur lainnya yang tersedia di Instagram

"Fitur siaran langsung lainnya tidak akan terpengaruh, termasuk kemampuan untuk menjadwalkan siaran langsung, mengundang tamu untuk bergabung dalam siaran langsung Anda, dan mengadakan Tanya Jawab langsung," tambah perusahaan.

Fitur belanja Instagram awalnya diluncurkan sebagai alat yang biasanya digunakan pengguna untuk menawarkan rekomendasi yang ditargetkan untuk mendorong pengguna berbelanja di luar penawaran mid-feed biasa.

Perubahan ini tampaknya bukanlah sesuatu yang mengejutkan, karena beberapa rumor telah banyak disebutkan pada September tahun lalu, dimana Instagram mulai menguji desain baru tersebut, dan kini menjadi kenyataan.