YOGYAKARTA - Live Shopping ataupun live streaming sembari berjualan lagi jadi topik hangat di jagat internet Indonesia. Alasannya, tidak cuma media sosial semacam TikTok ataupun Facebook yang sediakan fitur live shopping, namun marketplace raksasa semacam Shopee, Tokopedia, sampai Blibli juga sediakan fitur live shopping sehingga kian mempermudah pengguna melaksanakan pembelian diawali dari melihat produk dikala live streaming hingg checkout.
2 marketplace yang lagi gencar memajukan fitur live streaming serta live shopping mereka merupakan Shopee serta Tokopedia. Dengan ratusan sampai ribuan seller yang memakai fitur live shopping, para seller ini sanggup menghasilkan penjualan sampai berulang kali lipat dibandingkan kala tidak melaksanakan live shopping.
Pemanfaatan live streaming ini dirasa sangat menolong para seller dalam membuat bisnis mereka kian nampak, serta nampak standout di antara puluhan ribu seller yang lain. Dari sisi marketplace yang sediakan fitur pula tidak tinggal diam. Untuk sebagian seller yang turut program live shopping melalui jalan undangan, mereka diberikan keuntungan yang hampir tidak dapat ditolak:
Persiapan Sebelum Memulai Live Shopping
Tentu saja tidak semua seller di marketplace mempunyai peluang yang sama buat tingkatkan penjualan serta memajukan bisnis mereka. Untuk sebagian lain seller, mereka wajib berjuang sendiri buat memperoleh penjualan yang normal dalam perihal live shopping.
Dalam postingan ini, kami membagikan 10 Panduan buat Brand Sebelum Memulai Live Shopping bersumber pada pengalaman kami menyediakan serta membagikan training kepada para host yang bakal melangsungkan live streaming di marketplace di dasar manajemen StarNgage:
Siapkan Studio yang Mumpuni
Salah satu sebab orang betah tonton sebuah kegiatan live shopping yakni sebab apa yang mereka amati memanjakan mata, misalnya studio yang lengkap, apik, serta tertata dengan baik. Tidak hanya itu, pencahayaan pula penting.
Kala menyaksikan suatu live shopping, penonton bakal memilah video yang sketsanya jelas serta cerah dibandingkan yang hitam serta remang- remang. Oleh sebab itu, yakinkan buat mempersiapkan studio yang mumpuni saat sebelum melangsungkan live shopping di marketplace.
Koneksi Internet yang Stabil
Ini merupakan syarat mutlak. Kalian pasti tidak mau di tengah- tengah live shopping penonton tiba- tiba lenyap gara- gara video yang mereka tonton terpatah- patah ataupun tiba- tiba beku sebab permasalahan koneksi internet yang lemot.
Sebab live shopping sangat mengandalkan kecepatan internet, hingga koneksi yang normal jadi suatu kewajiban buat menjamin kenyamanan para pemirsa serta kurangi friksi.
Pakai Promo Spesial Live Shopping
Ini pula merupakan salah satu perihal yang jadi pertimbangan kenapa orang- orang mau menyaksikan live shopping. Lebih dari itu, jadi sebab kenapa orang- orang ingin membeli pada dikala live shopping lagi berlangsung.
Bila promo yang muncul sama saja kala live shopping dan tidak, hingga tidak terdapat sebab buat pemirsa senantiasa menyaksikan kegiatan live shopping. Tetapi, bila terdapat promo spesial live shopping yang lebih menggiurkan, dapat jadi satu alibi orang- orang bakal menunggu kapan toko tersebut melaksanakan live streaming kembali.
Perihal ini berlangsung di marketplace Indonesia dikala ini serta dibarengi dengan kenyataan kalau live shopping berhasil mendongkrak penjualan para seller tanpa kecuali. Algoritma yang bekerja dengan adil membuat tiap seller memiliki peluang yang sama buat memperoleh pemirsa terbanyak.
Maksimalkan Fitur-Fitur Live Shopping
Masing- masing platform marketplace mempunyai fitur uniknya masing- masing. Bila dapat mengoptimalkan tiap fitur yang ada dengan baik, bakal jadi keuntungan tertentu sebab lagi- lagi jadi sebab yang dapat dipertimbangkan kenapa pemirsa wajib tinggal serta senantiasa menyaksikan kegiatan live shopping.
Manfaatkan Permainan serta Giveaway
Banyak live streamer yang mengadakan permainan simpel buat membuat live shopping senantiasa seru serta tidak hambar, serta perihal tersebut jadi salah satu trik buat menarik serta mengikat penonton. Kemudian, live shopping yang dibumbui giveaway pula jadi salah satu aspek penentu penonton ingin menghabiskan waktu buat menunggu live selesai.
Tampilkan 2 Sisi Produk
Yang diartikan yakni tampilkan produk kala masih tersegel, serta tampilkan produk yang telah dibuka segelnya dikala lagi live shopping. Perihal ini berarti buat membagikan pengalaman berbeda dengan kala penonton berbelanja di luar live shopping.
Walaupun tidak merasakan memegang langsung produk yang dilihat, paling tidak mereka dapat memandang wujud asli produk yang hendak mereka beli dibanding dengan cuma memandang gambar statis serta video pendek seperti kala berselancar di etalase toko online.
Review Produk
Salah satu bagian yang sangat ditunggu oleh pemirsa live shopping yakni kala host melangsungkan pembahasan ataupun review produk yang dijual. Tidak hanya menunjukkan 2 sisi produk semacam yang dipaparkan pada poin sebelumnya, membahas produk dengan perinci juga berarti untuk membuat calon pembeli makin yakin akan keaslian produk.
BACA JUGA:
Makin mirip bentuk asli suatu produk dengan yang nampak pada foto, kian besar pula peluangnya buat dibeli pada dikala live streaming ataupun live shopping. Ditambah dengan promo spesial live streaming, pasti saja peluang peningkatan penjualan yang signifikan bukan lagi dongen belaka.
Perhatikan Penampilan Host
Penampilan host yang melangsungkan live shopping pula jadi aspek penting orang betah berlama- lama menonton—selain sebab memanglah produknya yang menarik. Diperlukan host yang sanggup menarik atensi pemirsa, mempunyai keahlian yang baik, serta host yang ramah, selalu senyum, dan enerjik!
Dari sisi penampilan, host tidak wajib bergaya menor, namun pula tidak berpenampilan lusuh sehingga membuat pemirsa tidak tertarik. Host yang telah berpengalaman pasti tahu gimana wajib berpenampilan sesuai dengan produk yang dibawakan.
Memperbanyak Interaksi dengan Penonton
Interaksi dengan pemirsa pula jadi perihal penting yang pantas dicermati dikala mengadakan live shopping. Membacakan pendapat pemirsa serta berikan respons yang baik bakal memunculkan citra positif serta bersahabat, sehingga kian kerap interaksi dicoba bakal kian besar pula keterlibatan pemirsa kepada live shopping.
Bila pemirsa membagikan respon positif, algoritma Live Shopping di marketplace bakal membacanya selaku ciri baik serta berpeluang direkomendasikan ke lebih banyak lagi penonton. Hasilnya? Kian banyak pemirsa yang berarti kemungkinan cuan lebih besar!
Jadi setelah mengetahui persiapan sebelum memulai live shopping, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!