Bagikan:

JAKARTA - Tren live shopping jadi sesuatu yang marak akhur-akhir ini. Dengan sistem yang interaktif, penjual dan pembeli bisa menjalin komunikasi produk dengan lebih menarik. Manfaat ini turut dirasakan oleh Ria Ricis, content creator yang memanfaatkan Shopee Live dan Shopee Video sejak Januari lalu.

Melalui akun @tokoricisofficial, perempuan muslimah yang akrab disapa Ricis ini sukses memulai peruntungannya menjadi kreator kedua fitur ini dengan merekomendasikan berbagai produk fesyen muslim lokal hingga berhasil meraup pendapatan besar.

"Sudah lebih dari setengah tahun aku aktif menjadi kreator di Shopee Live dan Shopee Video, berbagai jenis konten telah aku kreasikan setiap harinya demi memberikan inspirasi fashion muslim bagi banyak perempuan muslimah di Indonesia. Berawal dari kegemaranku mempromosikan produk fashion dari para UMKM dan brand lokal, kreatifitasku sebagai kreator berhasil berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan yang signifikan sehingga mampu mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga. Termasuk dapat membeli sejumlah wishlist yang telah aku dambakan selama ini, serta berhasil membuka lapangan pekerjaan baru dengan semakin berkembangnya tim operasional @tokoricisofficial saat ini,” kata Ria Ricis dalam siaran tertulis.

Ria Ricis pun membagikan beberapa tips jitu untuk meraih untung maksimal lewat live shopping. Ini beberapa hal penting menurutnya.

1. Jadwalkan sesi live yang konsisten dan manfaatkan kalender kampanye Shopee. Hal pertama yang penting adalah penentuan jadwal live streaming. Ria Ricis senantiasa memanfaatkan tanggal muda seperti payday, awal bulan, serta tanggal kembar pada puncak kampanye belanja Shopee karena mampu menarik banyak penonton. 

2. Ciptakan interaksi kuat dengan audiens. Demi menarik perhatian penonton terhadap produk yang direkomendasikan saat live, Ricis memastikan produk yang dipromosikan terlihat jelas di layar agar penonton dapat check-out dengan mudah. Didukung pencahayaan yang baik, serta latar belakang bersih dan rapi, produk akan terlihat lebih menarik. 

3. Pahami kebutuhan para penonton dengan menjadi ‘bestie’ di setiap sesi live. Saat memandu sesi Shopee Live, Ricis memposisikan dirinya sebagai ‘bestie’ yang gemar berbagi inspirasi menemukan fashion journey terbaiknya. Ia suka memberikan ide untuk mix & match modest fashion. “Tak jarang aku mendapatkan feedback positif dari penonton setia yang telah check-out produk dari sesi live-ku. Untuk mengapresiasi mereka, aku suka mendengarkan pengalaman mereka dengan produk yang dijual, seperti 'Kak, baju sudah sampai yah,' lalu saya tanggapi, 'Bagaimana, sudah dipakai? Bagus nggak, Bun?' Hal ini membuat penonton merasa dihargai, terlibat, dan terus engage sama kita," jelas Ricis.

4. Manfaatkan fitur pendukung dari Shopee Live untuk menjaga perhatian penonton Ricis mengaku juga konsisten mengandalkan berbagai fitur menarik yang disediakan oleh Shopee Live, mulai dari Voucher 30 Detik, yang dapat membangkitkan gairah belanja penonton dengan mengajak mereka mengklaim voucher dan melihat produk yang telah disematkan selama 30 Detik. 

Terakhir, tak lupa Ria Ricis menekankan pentingnya konsistensi dalam melakukan banyak hal, termasuk memulai usaha live shopping.

"Buat teman-teman yang ingin merambah dunia live shopping, teruslah konsisten dalam berkarya dan jangan berkecil hati jika hasil awal konten kita belum sebesar yang diharapkan. Dengan belajar dari tips yang aku sampaikan di atas, teman-teman dapat memiliki referensi untuk terus berkembang. Ekosistem fitur interaktif Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program merupakan peluang yang sangat berharga untuk dimanfaatkan," pungkas Ria Ricis.