JAKARTA - Pemanfaatan platform teknologi, salah satunya live shopping, adalah salah satu kunci agar UMKM bisa tetap relevan di tengah perkembangan era digital.
Berdasarkan riset Jakpat berjudul ‘E-commerce Trends 2023’ yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87 persen responden mengaku pernah menonton live shopping dan 77 persen dari mereka melakukan transaksi melalui fitur tersebut.
Untuk itu, Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz memberikan sejumlah tips bagi para pelaku usaha agar bisa meraih lebih banyak pesanan lewat live shopping.
Buat konten video sebagai teaser live shopping mendatang
Agar konten video menarik untuk ditonton, buatlah konten yang berhubungan dengan target pasar. Sebelum membuat konten video, pelaku usaha sebaiknya telah mengetahui produk yang akan dijual, memahami target pasar, dan mempertimbangkan konten yang disukai audiensnya.
BACA JUGA:
Siapkan ruangan dan tim yang mendukung live streaming
Salah satu keunggulan dari live shopping adalah kemampuan untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih interaktif dengan calon pembeli. Untuk menghadirkan sesi live shopping yang seru dan menarik, pastikan ruangan yang digunakan untuk sesi ini mendukung dalam berbagai hal seperti pencahayaan yang maksimal dan latar belakang yang sesuai agar produk yang ditampilkan dapat terlihat jelas oleh audiens.
Hadirkan suasana live streaming yang interaktif dan informatif
Selama live streaming, penjual disarankan untuk memberikan informasi menarik yang mendorong audiens untuk langsung membeli produk, seperti diskon, produk terlaris, atau produk terbaru dan eksklusif yang hanya tersedia saat live.
Kolaborasi bareng kreator atau affiliator untuk curi perhatian audiens
Untuk menarik perhatian calon pembeli, pertimbangkan bekerja sama dengan kreator untuk mempromosikan produk. Pilihlah kreator konten atau affiliator yang sesuai dengan produk.
Hindari langkah-langkah berikut agar live shopping penjual tetap aman dan lancar
Saat menggelar live shopping, penjual sebaiknya tidak menampilkan konten yang dapat melanggar pedoman komunitas serta syarat dan ketentuan yang berlaku di platform, menghindari menampilkan anak di bawah umur saat melakukan promosi di live shopping, atau menyampaikan klaim yang terlalu berlebihan.
Selain itu, sebaiknya penjual menghindari melakukan live streaming statis atau tidak bergerak. Maka sebaiknya penjual menyiapkan host saat live shopping agar sesinya lebih interaktif dan dapat menarik perhatian penonton.