Jajal Media Sosial Baru Meta, Threads Pesaing Kuat Twitter
Tangkapan Layar Threads (foto: Citra/voi)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial baru Meta, Threads meluncur hari ini di 100 negara, termasuk Indonesia. Aplikasi itu kini bisa diunduh pengguna Instagram di iOS dan Android.

Tidak jauh berbeda dengan Twitter, Threads juga membawa pengalaman microblogging untuk penggunanya.

Di aplikasi ini, pengguna bisa me-retweet unggaham teks orang lain dengan mengklik Repost dan membuat utasan tweet dengan opsi yang tersedia.

Hadir juga penghitung yang menunjukkan jumlah suka dan balasan yang telah diterima sebuah postingan. Kemampuan untuk membagikan postingan langsung ke Instagram Stories juga ditawarkan Threads.

Akun Instagram yang terverifikasi juga otomatis terverifikasi di Threads dan dapat diatur sebagai publik atau pribadi. Di aplikasi baru itu, pengguna dapat mengunggah video hingga lima menit dan bisa dibagikan sebagai tautan di platform lain.

Pengguna pun dapat berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, dan melaporkan orang lain serta memfilter balasan dengan kata-kata tertentu di dalamnya.

Menjajal Media Sosial Baru Threads

Karena sudah hadir di Indonesia, VOI mencoba untuk menggunakan Threads versi Android. Pertama, aplikasi ini harus diunduh terlebih dahulu di Google Play Store.

Setelah diunduh, laman masuk ke akun muncul di paling awal yang di mana kami harus menautkan akun Instagram untuk menggunakan Threads.

Klik kolom nama akun pengguna Instagram, kemudian kami diarahkan ke konfirmasi untuk masuk ke Threads.

Untuk konfirmasi masuk ke Threads, kami diminta untuk membukanya melalui notifikasi Instagram. Setelah mendapatkannya, pilih Disetujui.

Di sana, kami bisa membuat profil dari awal atau menghubungkan detail dari Instagram. Selanjutnya, kami disajikan opsi apakah Profil akan dibuat secara Publik atau Dikunci. Nantinya, akan muncul semua pengguna Instagram yang diikuti.

Klik Gabung ke Threads. Kami lalu disuguhkan postingan dari orang lain yang telah diikuti. Antarmuka Beranda Threads sangat mirip dengan Twitter.

Pengguna yang ingin mengunggah teks tinggal mengklik ikon pena di deretan tab paling bawah yang sejajar dengan Beranda, Pencarian, Aktivitas (ikon Love), dan Akun.

Setelah mengklik ikon pena, kami mencoba menuliskan teks apa saja. Pengguna bisa menandai orang lain lalu klik Posting. Anda bisa menggulir dengan bebas di Beranda untuk melihst unggahan orang lain.

Kemudian, unggahan teks bisa di lihat di tab Profil yang menyajikan informasi pribadi, bio, edit profil dan balasan dari pengguna lainnya.

Sayangnya, tidak seperti Instagram, Anda yang ingin melihat Aktivitas orang yang diikuti atau permintaan untuk mengikuti, harus mengklik opsi yang tersedia paling atas, tab tidak dapat digeser.

Lebih lanjut, di Threads pengguna bisa mengatur Bahasa, Notifikasi yang muncul, sembunyikan Suka, Senyapkan profil dan lainnya.

Sejauh ini, kami juga bisa mengirimkan unggahan teks Threads ke Instagram Stories dan Feeds, bahkan kami bisa membagikannya di Twitter.

Terakhir, saat kami melihat Profil pengguna lain, kami dapat melihat juga akun Instagram mereka yang terhubung.