Zoom Kini Luncurkan Fitur Avatar untuk Rapat Mirip Instagram
Tampilan filter Avatar di Zoom (foto: Zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki tahun 2023, Zoom membagikan empat fitur baru untuk membantu Anda tetap terhubung, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan pengalaman panggilan video yang menarik.

Adapun yang pertama adalah Zoom menambahkan Avatar ke koleksi filternya. Selain avatar hewan yang dirilis awal tahun lalu, avatar yang sekarang dirilis adalah karakter virtual yang dapat disesuaikan dengan diri Anda sendiri. 

Mirip seperti avatar yang dirilis oleh Meta, avatar Zoom juga menghadirkan berbagai kombinasi personalisasi. Avatar akan selalu mengikuti gerakan dan ekspresi wajah Anda.

Filter Avatar saat ini tersedia dalam versi beta untuk semua pengguna Zoom secara global. Seiring kemajuan dalam versi beta, Zoom juga akan memperluas fitur wajah tambahan, gaya rambut, dan lebih banyak opsi penyesuaian saat membuat avatar manusia Anda.

Fitur kedua yang dirilis adalah Meeting Templates, yang bisa disesuaikan dengan pengaturan Anda untuk setiap jenis rapat yang berbeda dapat memakan waktu lama. Untuk mempermudah, Zoom menyediakan tiga template rapat yang sudah siap pakai, diantaranya adalah:

  • Rapat Besar: Untuk rapat seluruh tim, di mana teks otomatis dapat diaktifkan untuk semua peserta, dan konten direkam secara otomatis untuk referensi di masa mendatang.
  • Seminar: Untuk pelatihan atau ruang kelas, yang memerlukan kontrol kerumunan yang lebih ketat sehingga pengaturan seperti berbagi layar peserta dinonaktifkan.
  • K-12: Cocok untuk ruang kelas di mana jajak pendapat dan kuis lanjutan diaktifkan untuk mendorong keterlibatan dan produktivitas siswa sambil membatasi fitur yang dapat mengganggu.

Fitur ketiga yang diluncurkan selanjutnya adalah pesan dan balasan dalam obrolan dalam rapat. Fitur ini memungkinkan peserta rapat membuat utas pesan dan menggabungkan reaksi emoji dalam obrolan dalam rapat. Ini membantu mengatur pesan obrolan dan mengklarifikasi pesan mana yang ditanggapi peserta.

Fitur terakhir adalah fitur Q&A dalam rapat. Awalnya fitur ini hanya muncul di Zoom Webinar saja, tapi sekarang Q&A hadir dalam rapat juga. Fitur Tanya Jawab memungkinkan penyelenggara rapat untuk tetap lebih teratur dengan memiliki satu tempat untuk melihat dan menjawab pertanyaan.

Q&A dalam rapat kini tersedia di akun Zoom One Business, Zoom One Business Plus, Zoom One Enterprise, dan Zoom One Enterprise Plus.