Zoom Punya Fitur Berbasis AI untuk Meringkas Materi Rapat Jika Pengguna Tidak Hadir
Zoom meluncurkan peningkatan pada fitur utamanya Zoom IQ berupa ringkasan rapat dan penulisan Obrolan. (foto: dok. zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Zoom meluncurkan peningkatan pada fitur utamanya Zoom IQ berupa ringkasan rapat dan penulisan Obrolan. Pengguna dalam paket tertentu dapat menjajalnya secara gratis.

Zoom IQ sendiri merupakan pendamping cerdas yang memberdayakan kolaborasi dan membuka potensi pengguna melalui Kecerdasan Buatan (AI) generatif.

Dengan Zoom IQ, penyelenggara Rapat Zoom sekarang dapat membuat ringkasan yang diberdayakan oleh model bahasa besar perusahaan dan membagikannya melalui Obrolan Tim Zoom serta email tanpa merekam percakapan.

Tuan rumah juga akan menerima ringkasan otomatis serta membaginya dengan peserta. Bagi mereka yang tidak hadir, kemampuan baru ini bisa meningkatkan kolaborasi tim dan mempercepat produktivitas. Fitur itu mirip dengan rekap cerdas yang tersedia untuk pengguna Teams Premium.

“Dengan diperkenalkannya kemampuan baru ini di Zoom IQ, asisten AI generatif yang luar biasa, tim dapat lebih meningkatkan produktivitas mereka untuk tugas sehari-hari, membebaskan lebih banyak waktu untuk pekerjaan kreatif, dan memperluas kolaborasi,” ungkap Chief Product Officer di Zoom, Smita Hashim dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa, 6 Juni.

Pengguna kini dapat memanfaatkan teknologi OpenAI untuk menulis pesan di Obrolan Tim selain mengubah nada dan panjang pesan serta menyusun ulang tanggapan agar bisa menyesuaikan rekomendasi teks.

Untuk menggunakan fitur-fitur ini, pengguna harus membuka konsol admin Zoom dan ikut serta dalam uji coba gratis untuk setiap fitur. Mereka juga akan diberikan opsi berbagi data dengan Zoom.

Namun, admin akun dapat mengubah pilihan berbagi data ini kapan saja. Hashim menekankan, data pelanggan tidak akan digunakan untuk melatih model pihak ketiga.

Untuk saat ini, kedua fitur tersebut dapat digunakan pengguna Zoom One (Enterprise Plus, Enterprise, Business Plus, Business, Pro) dan beberapa bundel warisan Zoom (Host Bernama Perusahaan, Host Aktif Perusahaan, Zoom Meetings Enterprise, Zoom Meetings Business, Zoom Meetings Pro). Tidak jelas berapa biaya fitur ini setelah uji coba gratis.

Zoom juga memperkenalkan serangkaian fitur bertenaga AI generatif berikutnya, yang dijadwalkan akan segera diluncurkan. Dalam hal ini, pengguna bisa membuat draf konten email, meringkas utas Obrolan Tim, mengatur ide, dan membuat draf konten papan tulis.

Pada fitur draf konten email, pengguna dapat memanfaatkan kekuatan AI generatif di mana mereka akan mendapatkan saran draf email sebagai tanggapan atas konteks percakapan dari Rapat Zoom sebelumnya, panggilan Telepon Zoom, dan utas email. Fitur ini tersedia secara umum dalam beberapa minggu mendatang.