NASA Akan Gelar Telekonferensi untuk Bahas Gerhana Matahari Cincin
Potret gerhana matahari cincin yang dibagikan NASA (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menggelar telekonferensi media pada Selasa, 26 September untuk membahas gerhana cincin yang akan datang.

NASA akan menggelar telekonferensi ini pada pukul 4.00 pm EDT atau pukul 03.00 WIB di tanggal 27 September. Telekonferensi ini akan membahas cara aman menyaksikan gerhana matahari cincin pada 14 Oktober yang akan datang.

Melalui rilis resminya, NASA menjelaskan bahwa gerhana cincin atau cincin api merupakan gerhana matahari ketika bulan berada di dekat bagian orbit yang paling jauh dari bumi. Dengan jarak ini, bulan tidak akan menghalangi seluruh matahari.

Maka dari itu, bagian matahari yang terlihat akan menunjukkan bentuk serupa cincin. Gerhana cincin ini hanya terlihat di jalur sempit yang membentang di Oregon hingga Texas serta di sebagian wilayah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Selain itu, orang-orang yang berada di wilayah Amerika Serikat, Puerto Riko, dan sebagian Alaska serta Hawaii bisa melihat gerhana matahari sebagian ketika bulan baru menutupi sebagian dari matahari.

NASA menekankan bahwa melihat puncak gerhana cincin dengan mata telanjang sangat berbahaya. Maka dari itu, seluruh pengamat menggunakan pelindung mata khusus ketika mengamati gerhana cincin secara langsung.

NASA memberikan alternatif bagi masyarakat yang tak bisa melihat gerhana matahari cincin. Saat 14 Oktober nanti, NASA akan membuat siaran langsung gerhana matahari cincin di seluruh media sosial NASA.