Kapan Gerhana Matahari Cincin Api Bakal Muncul? Apakah Bisa di Lihat di Indonesia?
Kapan Gerhana Matahari Cincin Api - Potret gerhana matahari cincin yang dibagikan NASA (foto: dok. NASA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gerhana Matahari Cincin Api bakal berlangsung pada Sabtu( 14/ 10). Sayangnya, Indonesia bukan salah satu daerah yang dilewati fenomena ini. Lantas kira-kira kapan gerhana matahari cincin api?

Gerhana Matahari ini bakal bisa dinikmati di Amerika utara, tengah, serta Selatan. Berbeda dengan gerhana Matahari biasa, gerhana ini menunjukkan kilauan sinar di sekitar Bulan yang menutupi Matahari.

Dilansir dari beberapa sumber, julukan" cincin api" berasal dari penampakan gerhana Matahari yang mirip dengan Gerhana Matahari Total, namun Bulan terletak pada titik terjauh dalam orbitnya dari Bumi, sehingga tidak bisa seluruhnya membatasi Matahari.

Dengan demikian, sinar Matahari yang berapi- api mengelilingi bayangan Bulan, menghasilkan apa yang diujarkan cincin api.

Kapan Gerhana Matahari Cincin Api

Gerhana Matahari Total bakal dimulai di Amerika Serikat pada jam 09: 13 pagi waktu setempat( sekitar 23. 13 Wib) serta melintasi pantai Oregon sampai Pantai Teluk Texas. Gerhana ini pula nampak di Oregon, Nevada, Utah, New Mexico serta Texas.

Tidak hanya itu, bayangan Bulan pula bakal nampak di sebagian bagian California, Idaho, Colorado, serta Arizona. Gerhana bakal berakhir di AS pada jam 12: 03 malam CT( 15 Oktober 00: 03 Wib).

Sehabis meninggalkan AS, gerhana bakal melintasi Meksiko, Belize, Honduras, Panama, serta Kolombia saat sebelum berakhir di pesisir Atlantik Amerika bagian Selatan di Natal, Brasil.

Sayangnya, fenomena ini tidak bisa disaksikan dari Indonesia. Fenomena gerhana Matahari yang terakhir kali dapat dilihat di Indonesia pada tahun ini merupakan gerhana Matahari hibrida pada April lalu.

Staf observatorium Bosscha Bandung Yatni Yulianti menyebut warga Indonesia dapat melihat fenomena gerhana Matahari pada rentang tahun 2028 sampai 2042.

Dia menyebut pada 22 Juli 2028, gerhana Matahari sebagian bakal melewati Indonesia. Berikutnya pada 21 Mei 2031, Indonesia bakal dilewati gerhana Matahari cincin serta terdapat 2 daerah di Tanah Air yang terlewati gerhana ini, ialah Kalimantan serta Sulawesi.

Kemudian, baru pada 20 April 2042, Indonesia bakal kembali berjumpa dengan Gerhana Matahari Total. Gerhana bakal melewati Sumatera, sedikit di Kalimantan baru ke Filipina pada waktu tersebut.

" 14 Oktober 2042 gerhana Matahari cincin bakal melintasi Indonesia serta melewati Kalimantan, Sulawesi serta pulau- pulau di[kawasan] timur. Jadi 2042 bakal jadi tahun istimewa serta sibuk untuk astronom," ujarnya pada Agustus lalu.

Jadi setelah mengetahui kapan gerhana matahari cincin api, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!