Deretan Fitur Anyar Facebook untuk Konten Kreator Makin Dekat dengan Fans
Facebook Live akhirnya mendapat pembaruan. (foto: dok. facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sekian lama, Facebook Live akhirnya mendapat pembaruan, dan kini Meta juga memungkinkan konten kreator untuk terlibat dengan penggemar selama siaran langsung mereka.

Perusahaan induk Facebook itu meluncurkan serangkaian fitur baru termasuk fitur Polling, dukungan untuk siaran bersama empat orang melalui fitur Live With, fitur komentar, format unggahan baru, dukungan untuk menambahkan tautan ke siaran dan Live in Stories, yang memungkinkan konten kreator membagikan streaming langsung mereka ke Facebook Stories.

CEO Meta Platgorm Inc., Mark Zuckerberg mengatakan dalam beberapa minggu ke depan masih banyak pembaruan yang datang. Di antara fitur-fitur baru yang diumumkan ini, salah satu yang paling banyak diminta adalah Featured Links.

Fitur ini akan memungkinkan konten kreator untuk menambahkan tautan situs web ke siaran langsung mereka yang dapat digunakan untuk mengarahkan penggemar ke blog pribadi, peluang donasi, situs belanja, dan banyak lagi. Selain itu, konten kreator juga dapat menambahkan beberapa tautan ke siaran langsung yang dapat dikunjungi pemirsa tanpa meninggalkan video.

Lebih lanjut, fitur Live With sekarang sudah mendukung total empat orang, satu tuan rumah dan hingga tiga tamu. Konten kreator kini juga dapat menambahkan polling ke video langsung di perangkat seluler.

Dihimpun dari TechCrunch, Jumat, 10 Desember, Meta juga telah mendesain ulang pengalaman Lencana penggemar, untuk memudahkan konten kreator melihat penggemar mana yang mendukung mereka saat melihat komentar, tempat lencana muncul di samping nama penggemar.

Fitur ini akan menguji pengalaman baru yang memberi konten kreator cara mudah untuk mengetahui siapa penggemar paling setia mereka dengan menempatkan penggemar itu di bagian Barisan Depan khusus dari siaran langsung, mirip dengan fitur Clubhouse.

Perusahaan juga meluncurkan dukungan untuk Live in Stories, yang memungkinkan konten kreator menemukan video langsung mereka di bagian atas News Feed. Dengan fitur ini, konten kreator dapat membagikan siaran langsung mereka ke Facebook Stories untuk memaksimalkan penemuan.

Saat kreator mengomentari kiriman publik, mereka akan memiliki tombol Ikuti di samping nama dan kiriman yang mereka komentari serta akan muncul di feed pengikut mereka. Meta turut menambahkan kemampuan bagi kreator untuk bereaksi dan merespons komentar dengan cepat dari notifikasi mereka.

Tak sampai di situ, perusahaan akan mulai menguji format posting baru yang disebut Spotlight Conversations, ini dirancang untuk memungkinkan konten kreator terhubung lebih baik dengan komunitas mereka. Kreator juga dapat melakukan cross-posting dari Facebook ke Instagram dan mereka sekarang dapat dengan cepat membuat video baru langsung di bagian atas Facebook Watch.

Deretan fitur baru di atas menandakan peningkatan besar dan kuat untuk pengalaman konten kreator di Facebook, yang terkadang tampak kurang penting bagi perusahaan daripada Instagram. Dengan adanya fitur anyar ini, diklaim konten kreator masih bisa bertahan di jejaring sosial berlogo biru itu.