Situs Pemeringkat Alexa Bakal Dimatikan Amazon pada 1 Mei 2022, Peringkat Web Dianggap Tak Penting Lagi
Alexa.com dimatikan oleh Amazon pada 1 Mei 2022. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum Alexa milik Amazon dikenal sebagai asisten suara raksasa dari e-commerce itu, sebenarnya nama itu adalah nama sebuah situs peringkat web perusahaan. Alexa.com, didirikan pada tahun 1996 dan menjadi terkenal beberapa waktu lalu karena menganalisis lalu lintas web dan mendaftar situs web paling populer di seluruh dunia.

Layanan ini juga menawarkan langganan berbayar bagi mereka yang menginginkan analitik dan wawasan SEO terperinci. Sekarang, Amazon telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022, hanya sebulan setelah merayakan hari jadinya yang ke-26.

Dalam pengumumannya seperti dikutip Engadget, perusahaan tersebut menyatakan:

"Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengubah pemirsa digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah membuat kami sumber daya Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi."

Sementara Amazon tidak secara eksplisit mengatakan mengapa itu mematikan layanan, lalu lintas Alexa Internet telah menurun selama beberapa dekade terakhir berdasarkan data dari SEMrush, seperti yang dicatat oleh Bleeping Computer.

Bahkan sudah lama tak ada orang yang khawatir lagi tentang peringkat Alexa mereka, jadi Amazon mungkin telah memutuskan sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada situs ini.

Raksasa e-commerce  ini juga telah berhenti menerima langganan baru untuk langganan berbayar Alexa, tetapi pelanggan saat ini akan dapat mengakses akun mereka hingga 1 Mei 2022. Mereka akan kehilangan akses setelah tanggal tersebut, tetapi mereka akan dapat mengekspor akun mereka serta  data dari berbagai alat layanan jika diinginkan.