Bagikan:

JAKARTA - Amazon.com Inc., pada Rabu  21 September memperkenalkan serangkaian perangkat baru dan diperbarui serta memperbaharui asisten suaranya, Alexa, dengan kecerdasan buatan generatif untuk menarik pengguna ke produk yang belum menguntungkan ini. Terlebihy  saat persaingan semakin ketat dari chatbot seperti Google Bard.

Alexa akan berbicara secara lebih alami, meninggalkan nada robotiknya selama hampir satu dekade, dan menjawab pertanyaan seperti waktu mulai pertandingan sepak bola dan ide resep. Ia juga akan mampu membuat dan membacakan puisi, seperti  yang ditunjukkan oleh Amazon pada acara peluncuran produk tahunan perusahaan tersebut di Arlington, Virginia.

Amazon memperkenalkan Alexa pada tahun 2014, tetapi belum menemukan cara konsisten agar bisa menguntungkan. Sebaliknya justru mengarahkan pembeli ke situs web perusahaan untuk lebih banyak pembelian. Biasanya diakses melalui speaker atau televisi yang diaktifkan, Alexa memberikan jawaban berbicara atas pertanyaan pengguna, seperti cuaca lokal, dan dapat berfungsi sebagai pusat kontrol perangkat rumah.

Perusahaan berbasis di Seattle ini telah berupaya menghidupkan kembali Alexa, terutama setelah  ChatGPT dari OpenAI, muncul pada November 2022 dengan jawaban tertulis panjang untuk pertanyaan kompleks. Chatbot serupa telah memicu kegilaan investor dalam startup kecerdasan buatan generatif.

"Anda sekarang dapat berbicara dengan Alexa seperti dengan manusia nyata," kata Dave Limp, kepala hardware Amazon, dalam acara tersebut, dikutip Reuters.

Pada Selasa, 19 September, Reuters melaporkan bahwa moral di antara pekerja di unit hardware Amazon telah merosot karena pergeseran strategi dan kekhawatiran bahwa perusahaan tidak memproduksi perangkat konsumen populer.

Banyak produk yang sedang dikembangkan,  hanya dimaksudkan untuk menempatkan Alexa di lebih banyak ruangan di rumah, seperti detektor karbon monoksida di mana layanan tersebut yang sudah dibangun.

Limp, yang akan meninggalkan perusahaan sebelum akhir tahun, menunjukkan bagaimana seseorang dapat mengajukan serangkaian pertanyaan tanpa harus berkali-kali menggunakan kata panggil "Alexa," fitur baru untuk setidaknya beberapa perangkat Alexa, seperti Echo Show 8 yang diperbaharui.

Pada acara tersebut, Amazon juga memperkenalkan versi perbaharuan tablet anak-anak Fire, soundbar untuk televisi, dan kemampuan pencarian baru pada layanan FireTV untuk menemukan konten gratis.

Di antara perangkat baru yang diperkenalkan oleh Amazon adalah Echo Hub touchscreen yang dipasang di dinding seharga  180 dolar AS untuk mengendalikan perangkat di seluruh rumah. Amazon juga memperlihatkan fitur baru untuk aplikasi Alexa-nya yang dapat memetakan perangkat yang terhubung ke internet di seluruh rumah pengguna untuk pengendalian yang lebih mudah.

Pengumuman tambahan mencakup pembaruan pada kacamata mata hitam Echo Frames, dengan Alexa tersemat di dalamnya, dan versi perbaharuan dari kamera keamanan luar ruangan Blink serta penguat sinyal Wi-Fi Eero