Pengawas Mobil Jerman Izinkan Sistem <i>Drive Pilot</i> yang Dikembangkan Mercedes-Benz
Mercedes Benz kantungi izin sistem Drive Pilot. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pengawas mobil Jerman telah mengizinkan sistem mengemudi mobil semi-otonom Mercedes-Benz, yang membuka jalan bagi anak perusahaan Daimler AG  ini untuk mulai menawarkan sistem Drive Pilot-nya secara internasional.

Sistem yang sangat otomatis ini memungkinkan pengemudi untuk fokus pada aktivitas lain saat mobil yang dilengkapi dengan teknologi tersebut berada di lalu lintas padat atau di jalan raya yang padat, kata Mercedes-Benz dalam sebuah pernyataan,  yang dikutip Reuters, Kamis, 9 Desember.

Otoritas KBA Jerman menyetujui sistem tersebut berdasarkan persyaratan teknis yang ditetapkan dalam peraturan PBB.

"KBA menetapkan standar nasional, Eropa, dan internasional dalam keselamatan jalan di jalan menuju pengemudian otonom," kata Presiden Otoritas, Richard Damm, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

Di luar peraturan PBB tentang persyaratan teknis, negara-negara juga harus mengeluarkan undang-undang yang menjelaskan di mana dan bagaimana sistem tersebut dapat digunakan, serta masalah kewajiban lainnya.

"Dengan tonggak sejarah ini, kami sekali lagi membuktikan karya perintis kami dalam mengemudi otomatis dan juga memulai perubahan paradigma radikal," kata Markus Schaefer, chief technology officer Daimler.

Segera setelah undang-undang mobil otonom di China dan Amerika Serikat diberlakukan, Mercedes-Benz akan menawarkan sistem di pasar tersebut, tambah Schaefer.

Persetujuan Jerman berarti Mercedes-Benz dapat menawarkan S-Class dengan Drive Pilot kepada pelanggan di Jerman pada paruh pertama tahun 2022.

Sistem otomatis Level 3 semacam itu telah diizinkan di Jerman sejak 2017. Menurut Mercedes-Benz, ada lebih dari 13.100 kilometer (8.140 mil) jalan raya yang cocok untuk sistem Drive Pilot di Jerman.

KBA menyetujui sistem untuk mengemudi dengan kecepatan hingga 60 kilometer per jam (37 mil per jam). Belum diputuskan apakah akan menghapusnya untuk kecepatan hingga 130 kpj, atau asisten perubahan jalur yang akan menyalip mobil lain secara otomatis.