Bagikan:

JAKARTA - Mercedes-Benz baru-baru ini mengumumkan bahwa fitur "Drive Pilot", sistem mengemudi otomatis SAE level 3 milik pabrikan asal Jerman tersebut telah memenuhi sertifikasi dari otoritas negara bagian California.

Pabrikan berjuluk "Silver Arrow" tersebut menjadi pembuat mobil pertama yang memperkenalkan sistem SAE Level 3 dalam kendaraan produksi standar untuk digunakan di jalan bebas hambatan umum di negara bagian terpadat di Amerika Serikat.

”DRIVE PILOT menggunakan arsitektur kendaraan yang sangat canggih berdasarkan redundansi dengan banyak sensor yang memungkinkan pengemudian otomatis bersyarat yang nyaman dan aman. Sertifikasi oleh pihak berwenang di California dan di Nevada sekali lagi menegaskan bahwa redundansi adalah pendekatan yang aman dan tepat," kata Markus Schafer, Chief Technology Officer Mercedes-Benz dalam keterangan resminya, Jumat, 9 Juni.

Dengan sistem ini, memungkinkan pengemudi dapat mengalihkan kegiatan mengemudinya dengan kegiatan sampingan. Saat Drive Pilot diaktifkan, sistem ini akan mengambil alih tugas mengemudi secara dinamis.

Dengan Drive Pilot, mobil dapat dikemudikan hingga 64 km/jam. Tombol kontrol yang diperlukan untuk Drive Pilot terletak pada roda kemudi. Saat tombol kontrol ditekan, maka sistem tersebut akan mengontrol kecepatan, jarak, dan dengan mudah memandu kendaraan di jalurnya.

Sistem tersebut juga dapat bereaksi dengan situasi lalu lintas yang tidak terduga dan menanganinya sendiri dengan manuver menghindar atau dengan melakukan pengereman.

Tujuan Mercedes-Benz mengembangkan sistem tersebut demi keselamatan, dengan menawarkan teknologi tinggi pada fitur tersebut. Drive Pilot dibangun di atas sensor surround dari Driver Assistance Package dan terdiri dari sensor tambahan yang diperlukan untuk berkendara otomatis yang aman.

Meskipun Drive Pilot saat ini terbilang canggih, Mercedes merasa belum puas. Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman, memiliki target pada fitur mobil ini mencapai 130 km/jam.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Mercedes menjalin kemitraan dengan perusahaan teknologi ternama seperti Nvidia dan Luminar, dengan meningkatkan kapabilitas fitur agar memenuhi standar keselamatan lebih tinggi.

Drive Pilot akan tersedia di AS dengan model terbaru Mercedes-Benz, yakni S-Class 2024 dan EQS Sedan. Mobil pertama akan dikirim ke pelanggan pada akhir 2023.