Mobil Listrik Zeekr X Resmi Meluncur, Memiliki Daya Jangkau hingga 560 Km
Ilustrasi Zeekr X (sumber : Zeekr)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, produsen kendaraan listrik asal China, Zeekr, yang berada di bawah naungan Geely, meluncurkan versi produksi dari SUV terbarunya, Zeekr X.

Sub-brand Zeekr merupakan merek yang dirilis oleh Geely yang memproduksi kendaraan listrik. Zeekr telah menawarkan beberapa model seperti 001 sedan, 009 MPV, dan yang terbaru X SUV.

Dilansir pada laman carnewschina, Kamis, 8 Juni, Zeekr X memiliki dimens yang ringkas dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.572 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Mobil ini menampilkan desain yang futuristik serta tampilan yang radikal.

Interiornya sendiri menampilkan panel instrumen LCD 8,8 inci dan layar pintar yang dapat digeser sebsar 14,6 inci. Dengan menyediakan konfigurasi empat hingga lima kursi, disediakan layar utama 14,6 inci yang besar.

Fitur terpenting yang disematkan pada Zeekr X ialah tempat pengisian daya gawai nirkabel berkekuatan 50 watt, pemindah gigi yang terletak pada bagian belakang kemudi, 12 ultrasonic radar, lima kamera, dan sistem bantuan mengemudi ZAD.

Zeekr menawarkan dua opsi motor listrik, yakni motor listri belakang yang mampu mengeluarkan daya hingga 272 dk, yang dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,8 detik. Lalu, ada opsi terakhir yang menyediakan motor listrik ganda berkekuatan 428 dk dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3,7 detik.

SUV berukuran kompak tersebut juga memiliki baterai dengan kapasitas 66 kWh ternary NMC. Untuk sistem penggerak roda belakang dapat menjangkau hingga 560 km dalam sekali pengisian daya menurut perhitungan CLTC.

Sedangkan, untuk sistem penggerak empat roda (4WD) memiliki jangkauan yang lebih sedikit dengann 512 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan siklus CLTC.

Dengan dibangun di atas platform SEA Architectures, Zeekr X tersedia dalam warna abu-abu, hijau, pink, putih, beige, dan biru. Zeekr X hadri dalam beberapa trim, mulai dari versi dasar, ME, seharga 189.800 yuan atau kisaran Rp396,6 juta hingga trim teratas, YOU, dengan banderol 209.800 yuan atau setara Rp438,1 jutaan.

Harga-harga tersebut belum termasuk penambahan fitur lainnya. Zeekr X akan dijual ke pasar Eropa bersaing dengan Volovo EX30, terlebih lagi seiring berkembangnya pasar kendaraan listrik di benua biru.