Bagikan:

JAKARTA - Zeekr produsen kendaraan listrik premium di bawah bendera Geely Holding Group, resmi masuk pasar Indonesia dengan membawa dua model sekaligus termasuk Zeekr X sebuah SUV premium.

Mobil satu ini dipastikan akan meluncur tahun ini lebih tepatnya pada kuartal keempat, seperti diungkapkan oleh Managing Director PT Premium Auto Prima k JinHong Lin Darwin.

"Soalnya setir kanan bisa produksi di sana (China), tinggal homoglasi di Indonesia karena agak ramai ya mungkin bisa empat bulan lebih. Tapi kita berusaha tahun ini sudah kirim mobil ke konsumen," katanya, saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebelum resmi masuk, mari mengenal lebih dekat spesifikasi Zeekr X. 

Desain eksterior

5

Mengutip dari laman Carnewschina, Senin, 10 Juni, mobil satu ini memiliki dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.572 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Secara tampilan, mobil satu ini mengusung bahasa desain urban baru yang tak mengenal batas membuatnya terlihat sangat futuristik. Misalnya, pada bagian depan disematkan Double-edged daytime running lights yang dilengkapi dengan 56 LED yang dikontrol secara independen, lampu depan mengintegrasikan lampu berjalan siang hari, indikator lebar kendaraan, dan lampu sein menjadi satu sistem. Sementara itu, pada bagian belakang terdapat lampu yang memanjang di seluruh lebar pintu, serta logo 'Zeekr' bercahaya yang berada di bagian tengah.

Interior

7

Masuk ke dalam kabin,  Zeekr X hadir dengan tampilan yang simpel dan modern. Hal tersebut berkat semua fungsi diintegrasikan ke dalam panel instrumen LCD 8,8 inci, AR-HUD (head-up display) 24,3 inci, dan layar kendali pusat 14,6 inci, yang didukung oleh chip Qualcomm Snapdragon 8155.

Selain itu, dilengkapi juga dengan lemari es internal 5,7 l yang hadir dengan tiga mode, termasuk pendingin hingga pemanas, serta hadir dengan empat pilihan warna ganda termasuk mulai dari biru putih, biru hijau.

Fitur

Banyak fitur modern yang disematkan pada mobil satu ini, seperti sistem suara Yamaha 13 speaker dan bahkan tampilan pada pilar B yang dapat menunjukkan status pengisian daya, ditambah kamera yang dapat menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci pintu. Zeekr X dibangun di atas Arsitektur Pengalaman Berkelanjutan (SEA), setiap Zeekr memastikan keamanan struktural dan mendukung sistem bantuan pengemudi yang canggih atau ZAD yang terdiri dari 31 sensor, termasuk driver monitoring camera, achieving full speed coverage. adaptive cruise control, large vehicle avoidance and blind spot monitoring.

Baterai dan daya jelajah

4

Zeekr X tersedia dalam versi Rear Wheel Drive (RWD) dan All Wheel Drive (AWD). Untuk RWD menghasilkan tenaga 272 hp dan torsi 343 Nm yang mampu  berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,8 detik. AWD menghasilkan tenaga 428 ps dan 543 Nm, serta mampu melakukan sprint abad ini hanya dalam 3,8 detik. Semenata itu, untuk versi RWD mengemas baterai lithium terner 66 kWh Daya jelajah 560 km (CLTC), dan RWD baterai lithium terner 66 kWh Jarak jelajah 500 km dan 512 km (CLTC).

Harga

Soal harga, mengacu di China mobil satu ini dibanderol mulai dari 200.000 yuan atau kisaran Rp449 jutaan dan tertinggi menyentuh angka 220.000 yuan atau kisaran Rp494 jutaan. Namun, harga tersebut tidak bisa menjadi acuan sebab untuk pasar Indonesia masih diimpor utuh dari China.