Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya Indonesia, merek premium Zeekr di bawah naungan Geely Holding Group juga masuk pasar Malaysia dengan menggandeng PT Premium Auto Prima.

Mengutip dari laman Paultan, Senin, 10 Juni, jenama asal China tersebut di Malaysia telah menandatangani perjanjian kerja sama, dengan Sentinel Automotive yang akan menjadi mitra lokal. 

Berdasarkan laporan yang ada, akan ada dua model yang meluncur tahun ini yaitu Zeekr X dan Zeekr 009. Artinya dua model sama yang akan diluncurkan di Indonesia pada kuartal keempat 2024, serta model yang sama dengan pasar Thailand yang sudah membuka pre order. 

Nantikan Zeekr akan gerai pertamanya di Malaysia di Kuala Lumpur, dan gerai-gerai di wilayah besar lainnya seperti Penang dan Selangor juga diperkirakan akan dibangun pada akhir tahun ini.

Seperti diketahui, versi kemudi kanan pertama dari X diluncurkan dari jalur produksi di China pada minggu lalu, dengan pengiriman ke luar negeri diperkirakan akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini. 

Dengan demikian beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia juga akan mendapatkan versi kemudi kanan tersebut, mengingat semua akan akan hadir merupakan impor utuh dari China. 

Zeekr di Indonesia

Zeekr di Indonesia juga berencana untuk membuka beberapa jaringan dealer resmi. Totalnya tahun ini akan ada empat dealer yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Jakarta, BSD Tangerang dan tahun depan akan merangsek ke berbagai wilayah lainnya, seperti Surabaya. 

Merek mobil premium ini juga berencana untuk membangun fasilitas perkiraan di Indonesia, tetapi sampai saat ini masih dalam batas studi, dan tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Kemungkinan, memakan waktu 2-3 tahun lagi. 

Secara spesifikasi, Zeekr X, yang didukung oleh platform Sustainable Experience Architecture (SEA) Geely, dijual di Tiongkok dalam bentuk RWD motor tunggal atau AWD motor ganda. Versi motor tunggalnya menghasilkan tenaga 272 PS (200 kW) dan 343 Nm, dan ini memungkinkan SUV tersebut mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,8 detik. Sedangkan untuk AWD, ia memiliki tenaga 428 PS (315 kW) dan 543 Nm, sehingga waktu sprint abad ini turun menjadi 3,8 detik.

Sedangkan untuk 009 merupakan EV MPV mewah yang lebih panjang, lebar dan duduk lebih rendah dari Toyota Alphard/Vellfire, jadi tidak kalah kecilnya. Di pasar domestiknya, 009 berjalan dengan sistem penggerak semua roda motor ganda, dan dengan tenaga 544 PS (400 kW) dan torsi 686 Nm, MPV besar ini dapat melaju dengan cepat, melakukan sprint 0-100 km/jam dalam waktu singkat. hanya 4,8 detik. Tersedia dua pilihan baterai NMC, 116 kWh dan 140 kWh, dan keduanya menawarkan jangkauan CLTC masing-masing 702 dan 822 km.