Bagikan:

JAKARTA - Merek mobil premium asal China yaitu Zeekr resmi masuk pasar Indonesia dan akan meluncurkan dua model sekaligus tahun ini, yaitu Zeekr X dan Zeekr 009.

Padahal Zeekr memiliki banyak model kendaraan listrik di China, sebut saja 007, Zeekr 001 hingga Zeekr 001 FR. Lantas mengapa membawa dua model tersebut untuk meramaikan pasar mobil listrik di tanah air?

"Ini merupakan strategi global. Untuk setir kanan tentunya ada banyak negara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Hongkong dan Australia," kata Head of SEA Region Zeekr Alex Bao Zhuangfei, kepada awak media, dalam acara penandatanganan di Park Hyatt Jakarta, Rabu, 5 Juni.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pasar setir kanan seperti di Indonesia segmen Sports Utility Vehicle (SUV) dan MPV demandnya cukup tinggi. Untuk itu, dua model tersebut menjadi pilihan untuk pasar Indonesia.

Di sisi lain, Managing Director PT Premium Auto Prima JinHong Lin Darwin mengatakan, pemilihan kedua model tersebut juga bukan tanpa alasan.

"Kalau yang model Zeekr 009 itu top the range dan pasar MPV di Indonesia juga cukup besar, kalau untuk model Zeekr X di Eropa banyak anak muda Eropa yang suka juga, makanya juga masuk sini (Indonesia).

Seperti diketahui, kedua model tersebut juga sudah tersedia untuk pre order di Thailand pada Maret 2024 lalu. Kehadiran dua model tersebut sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan pelanggan akan kendaraan listrik pintar premium di pasar Asia Tenggara.

Zeekr berencana untuk meluncurkan kendaraan serba guna (MPV) RHD Zeekr 009 dan kendaraan sport Zeekr X, untuk memenuhi persyaratan peraturan lokal di Thailand dengan rencana untuk menghadirkan model premium ini mulai kuartal ketiga 2024.