Bagikan:

JAKARTA - Toyota berhasil mencatat hasil yang baik dalam segmen mobil sport pada bulan Mei 2024 di Amerika Serikat (AS). Dilaporkan bahwa model GR86 berhasil menjadi yang terlaris dalam penjualan mobil berperforma tinggi.

Dilansir CarBuzz, Rabu, 5 Juni, model bergaya fastback coupe dua pintu ini telah laku sebanyak 1.981 unit atau meningkat 104,4 persen dibandingkan perolehan tahun lalu pada periode yang sama. Dengan demikian, ini merupakan penjualan terbaik sepanjang masa yang pernah diperoleh oleh model ini.

Menyusul GR86, model seperti GR Supra juga berhasil terjual sebanyak 406 unit atau meningkat 78,1 persen dari tahun lalu. Hal ini menjadi pertanda baik bagi kondisi mobil sport kecil berpenggerak roda belakang, meskipun pasarnya sangat kecil.

Berita ini sangat bagus untuk didengar karena penjualan kedua model telah menurun sebelumnya, dengan penjualan Supra yang sangat buruk hingga 85 unit yang terjual secara global pada bulan Oktober tahun lalu.

Sayangnya, kedua model ini belum dipastikan apakah akan mendapatkan pembaruan atau generasi terbaru mengingat eksistensi model saat ini telah berlangsung lama selama bertahun-tahun.

Toyota GR86 direncanakan akan mengusung teknologi hybrid pada generasi ketiganya. Diperkirakan mobil sport ini akan memiliki mesin 3-silinder turbocharged yang dipadukan motor listrik dan baterai berukuran kecil.

Kemungkinan mobil ini akan menggunakan mesin dari GR Yaris dan GR Corolla, namun menghasilkan tenaga lebih dari 300 dk. Konfigurasi tersebut menyiratkan bahwa pabrikan tetap mempertahankan tata letak mesin bagian depan dengan penggerak roda belakang. Diharapkan juga, mobil tersebut akan menawarkan dua opsi transmisi manual maupun otomatis.

2

Sementara itu, GR Supra dikabarkan akan dihentikan produksinya menyusul pemberitaan disuntik matinya BMW Z4. Dihentikannya produksi dua mobil tersebut sebagai imbas dari masalah yang dihadapi Magna Steyr, pabrik yang memproduksi kedua model ini di Austria. Tercatat bahwa perusahaan ini telah memberhentikan sekitar 500 karyawan di Graz.

Meskipun demikian, pabrikan dari Jepang ini akan masih membuka kemungkinan dan mengupayakan segalanya agar GR Supra dapat bertahan di masa depan, termasuk mempertimbangkan membangun basis sendiri.

Saat ini, mobil sport ini dibekali oleh mesin berkapasitas 3,0 liter 6-silinder segaris yang disuplai dari BMW sehingga menghasilkan tenaga mencapai 382 dk menjadikannya salah satu mobil produksi Toyota paling bertenaga di era modern.