Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota turut mengembangkan sejumlah mobil performa tinggi melalui divisi Gazoo Racing (GR). Berawal dari kehadiran GR Supra dan GR86 hingga GR Corolla yang kemudian dicintai penggemar mobil berperforma tinggi.

Toyota sepertinya tidak berhenti untuk menghadirkan model sporty lainnya. Toyota dirumorkan akan membangkitkan nama seperti Celica ke dalam model terbarunya dan sepertinya kabar tersebut berpotensi menjadi kenyataan.

Dikutip dari Best Car yang disitat Carscoops, Selasa, 4 Juni, Celica tersebut akan ditenagai oleh mesin ICE dengan 4-silinder 2,0 liter turbocharged terbaru dikombinasikan sistem GR-Four AWD yang dikembangkan oleh Toyota terinspirasi dari GR Yaris dan GR Corolla.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa pengembangan mesin dari Celica terbaru ini telah selesai. Meskipun informasinya masih terbatas, publikasi tersebut berspekulasi bahwa tenaga yang dihasilkan model ini mencapai 400 dk.

Konfigurasi mesin dan penggerak semua roda ini mengingatkan pada Celica GT-Four yang juga membawa Toyota meraih kesuksesan dalam gelaran World Rally Championship (WRC) pada era 1990-an. Meskipun demikian, diperkirakan model ini akan disuguhkan lebih mewah pada kabinnya.

Kemungkinan besar model tersebut akan mempertahankan siluet coupe low-slung dari generasi sebelumnya. Hal menarik lainnya, laporan ini menyebut bahwa Celica terbaru akan debut pada awal Januari mendatang, tepatnya dalam Tokyo Auto Salon 2025.

Dihadirkan sejak 1970, model Celica telah banyak dicintai oleh kalangan penggemar otomotif berkat desain dan performanya yang impresif.

Saking dicintainya, para pecinta maupun penggemar otomotif dari berbagai kalangan merasa kehilangan ketika mobil ini mengakhiri masa produksinya pada 2006 lalu.

Pada akhir 2023 lalu, Chairman Toyota Akio Toyoda, memberikan isyarat mengenai kembalinya Celica setelah dihentikan produksinya selama hampir dua dekade. Namun, cucu dari pendiri pabrikan Kiichiro Toyoda ini belum mau ungkapkan detail lebih lanjut mengenai mobil tersebut.

Toyota Celica telah menunjukkan eksistensinya di dunia otomotif selama tujuh generasi. Model ini juga telah meraih beberapa penghargaan bergengsi, seperti Motor Trend Import Car of the Year 1976, Car and Drive Ten Best Cars 1984, dan Best Sports Coupe 2001 dan 2002 dari Edmunds.com.

Mobil ini semakin dicintai ketika diikutkan dalam ajang reli dunia (WRC). Turun dengan Celica-GT Four dalam regulasi Group A dari 1988 hingga 1997, Celica turut menyumbang dua gelar juara dunia konstruktor untuk Toyota dan empat gelar untuk pembalap, yakni Carlos Sainz pada 1990 dan 1992, Juha Kankkunen pada 1993, dan Didier Auriol musim 1994.