Bagikan:

JAKARTA - Peneliti dari Western University di Ontario, Kanada, baru saja merilis hasil studi yang cukup nyeleneh. Mereka meneliti ketertarikan orang terhadap suara knalpot mobil merak yang bising. Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Julie Aitken Schermer. 

Awalnya, ia penasaran dengan pengemudi yang gemar menggunakan knalpot racing pada mobil mereka. Pertanyaannya: "Kira-kira karakter orang seperti apa yang betah dengan suara bising tersebut?"

Melansir Car and Driver, 4 Juni, penelitian ini melibatkan 529 mahasiswa jurusan bisnis. Mereka ditanyai mengenai pendapat mereka tentang knalpot bising, apakah mereka melihat mobil sebagai representasi pribadi dan apakah mereka tertarik memodifikasi knalpot untuk menghasilkan suara yang lebih keras.

Nah, ternyata sang profesor terkejut dengan hasilnya. Ternyata mahasiswa yang tertarik dengan knalpot bising cenderung memiliki skor tinggi pada skala "psikopati dan sadisme". Studi ini menggunakan tes kepribadian "Short Dark Tetrad" untuk mengukur kecenderungan seseorang terhadap sifat negatif seperti kekejaman, suka bertengkar, dan manipulatif.

Studi ini menggarisbawahi ini tidak ada korelasi dengan sifat narsis. Artinya, ketertarikan terhadap suara knalpot bising bukan sekadar "ingin pamer". Para peneliti menyimpulkan bahwa ini lebih kepada "ingin didengar", entah disukai orang lain atau tidak.

Truk dan Motor Lebih Parah?

Penelitian ini hanya berfokus pada mobil. Profesor Schermer menduga bahwa pengemudi truk dan pemotor yang gemar menggunakan suara knalpot bising mungkin memiliki skor psikopat dan sadisme yang lebih tinggi. Alasannya, penelitian lain sudah menunjukkan bahwa kendaraan besar kerap diasosiasikan dengan sikap agresif.

Nah, studi ini belum meneliti preferensi terhadap suara mesin yang kencang, misalnya dari supercharger atau blow-off valve.

Perlu diketahui, tidak semua knalpot racing diciptakan sama. Ada yang suaranya bisa diterima, dan ada juga yang bikin kuping sakit, apalagi saat melintas di tengah malam. Studi ini pun tak lantas menyamakan semua penggemar knalpot bising dengan psikopat. Namun, ada baiknya kita lebih bijak dalam memodifikasi kendaraan. Ingat, kenyamanan telinga orang lain juga perlu dijaga!