Bagikan:

JAKARTA- Berbagai pabrikan otomotif terus berlomba menciptakan hal baru menuju era kendaraan ramah lingkungan, termasuk Toyota yang tak hanya menghadirkan teknologi hingga infrastruktur tetapi juga ada inovasi lain.

Toyota secara khusus menghadirkan xEV Center, yang melibatkan triple helix dari industri otomotif, pemerintah hingga akademisi. Lokasi pertama yakni di kawasan pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area 600 m2.

Lokasi tersebut hadir untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat umum hingga berbagai kalangan terkait teknologi hingga persiapan industri otomotif khususnya Toyota dalam menyongsong era elektrifikasi.

"Terdapat empat pilar edukasi pada xEV Center sebagai pusat informasi elektrifikasi dan fasilitas lain yang berkaitan dengan teknologi HEV, PHEV, BEV showcase dan driving experience, xEV cut body, xEV main component (Battery, power control unit (PCU), tarnsaxle), outdoor charging station," tulis keterangan yang diterima, Senin, 3 Juni.

Seluruh informasi terkait teknologi elektrifikasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah, dengan pembagian zona.

Zona pertama terkait inisiatif lingkungan yang membahas terkait rodmap energy di Indonesia untuk mewujudkan lingkungan hijau di Indonesia.

Zona berikutnya, terkait klasifikasi kendaraan ICE dan xEV yang menjelaskan teknologi terkait mobil elektrifikasi seperti cut bodi Prius dan Mirai. Detail penjelasan komponen juga dapat diakses melalui teknologi masa kini yaitu menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality.

Sedangkan zona tiga terkait ekosistem hijau, soal well to wheel emission. Tipe-tipe charging, perlengkapan electricity yang terdapat pada ekosistem hijau.

Sementara, pada zona 4 menjadi kegiatan Toyota Indonesia bersama Pemerintah dan Akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi. Pada zona ini, ringkasan inisiatif kerjasama Toyota Indonesia sejak tahun 2018 bersama sejumlah Universitas di Indonesia (UI, LPEM UI, ITB, UGM, UNS, ITS, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro yang menghasilkan sejumlah penelitian yang bermanfaat di bidang elektrifikasi.

Secara keseluruhan kehadiran xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia.