Bagikan:

JAKARTA- PT Toyota Astra Motor (TAM) terus berkomitmen di segmen EV tanah air, salah satu bukti nyata yaitu menghadirkan ekosistem kendaraan listrik, baik Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Ekosistem tersebut meliputi bengkel resmi dengan standar global, tetapi hadir juga Toyota xEV Ecosystem yang dibangun dalam bentuk fasilitas charging spot di outlet resmi, termasuk di beberapa tempat yang mudah diakses para pengguna.

“Toyota xEV Ecosystem hadir dalam bentuk fasilitas charging spot untuk kendaraan elektrifikasi Toyota & Lexus jenis BEV dan PHEV secara gratis di 50 outlet Toyota yang akan terus bertambah seiring waktu," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dari keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa, 3 Oktober.

Pria yang akrab disapa Anton ini mengatakan untuk Toyota xEV akan disiapkan pula di area publik, tak ketinggalan terdapat juga di area Tol Trans Jawa demi meningkatkan daya jelajah mobil listrik.

Nantinya tak hanya 50 diler saja, Toyota berencana untuk menambah fasilitas ini di 200 jaringan yang sudah ada sampai akhir tahun 2023. Di mana masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW.

Sementara itu untuk di wilayah perkotaan Toyota xEV Ecosystem di area publik terpilih. Sebagai pilot project, sekarang telah disediakan fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal yang berada di kawasan eksklusif SCBD, Jakarta Selatan.

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota. Tersedia 1 unit Ultra Fast Charger 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW)) dan 2 unit AC Charger Type 2 7 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis.

“Toyota berkomitmen untuk memberikan Total Mobility Solution kepada pelanggan kendaraan elektrifikasi dengan membangun Toyota xEV Ecosystem, dan juga sejalan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Kehadiran xEV ini juga guna mendukung mobilitas pelanggan dan supaya lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon.

Seperti diketahui, Toyota menghadirkan berbagai kendaraan elektrifikasi, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV). Saat ini, BEV Toyota yang dipasarkan di Indonesia adalah Toyota bZ4X, sementara PHEV diwakili oleh All New RAV4 GR Sport PHEV.