Bagikan:

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memproyeksikan wholesales 2023 akan tumbuh positif dibandingkan tahun lalu, berdasarkan penjualan dari Januari sampai November 2023 yang telah mencapai 304.736 unit, dengan market share 33,1 persen.

Meski banyak produsen mobil baru yang hadir di Indonesia, Toyota tetap mempertahankan jalur positif dengan market share di atas 30 persen selama 5 tahun terakhir.

Wholesales kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari sampai November 2023 juga meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3 persen, naik lebih dari 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022. Produk xEV, termasuk All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, membawa peningkatan signifikan pada penjualan mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan yang mempercayakan produk kami sebagai solusi mobilitas, dan juga mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif. Hal ini membuat popularitas kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat, dan masyarakat masih mempercayai Toyota sebagai pilihan utama mobilitas," kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa dengan Multi-Pathway Strategy, Toyota akan menghadirkan produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Toyota juga akan membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat dengan kolaborasi bersama stakeholder untuk memberikan rasa aman.

Sejalan dengan semangat "Let’s Go Beyond", Toyota telah meluncurkan 13 model baru sepanjang tahun 2023, termasuk model komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi, yang semuanya mendapat sambutan positif dari pelanggan.

Khusus untuk xEV, PT TAM secara resmi meluncurkan All New Yaris Cross HEV pada bulan Mei. Hybrid EV ini mendapatkan sambutan luar biasa berkat fungsionalitas tinggi, emisi rendah, dan harganya yang semakin terjangkau karena diproduksi secara lokal bersama Kijang Innova Zenix HEV. All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sebagai xEV paling fleksibel juga diluncurkan pada bulan Agustus.

Hingga akhir November, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, sedikit lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yaitu 942.686 unit. Pada periode yang sama tahun 2023, Toyota mencatatkan penjualan lebih dari 304 ribu unit dan market share Toyota naik cukup signifikan dari 31,6 persen menjadi 33,1 persen.

Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari sampai November 2023 meliputi Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit. Kijang Innova Zenix berhasil mendampingi Avanza sebagai sesama local pride dan lokomotif penjualan Toyota tahun ini. Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV memimpin dengan angka penjualan 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.

Total penjualan HEV Toyota tahun 2023 mencapai 33.603 unit, sekitar 11% dari total penjualan Toyota tahun ini. Ini merupakan peningkatan signifikan dari total penjualan 2020-2022 yang hanya mencapai 7.411 unit atau sekitar 1 persen dari total penjualan Toyota.

“Toyota menjalankan program Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi. Launching Kijang Innova Zenix HEV di akhir tahun 2022 berhasil meningkatkan penjualan xEV kami, bahkan mendominasi transaksi Kijang Innova Zenix," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Eksistensi brand sporty GAZOO Racing (GR) juga ikut meningkatkan penjualan Toyota di tahun 2023. Bermodalkan DNA motorsport Toyota, sports car GR Supra, GR Yaris, dan GR86 langsung diminati oleh para sports car enthusiast dan memancing animo masyarakat luas untuk memiliki produk GR. Varian flagship GR Sport di beberapa model hatchback dan SUV Toyota, mampu mencetak market share yang tinggi dengan rata-rata 81,4 persen pada setiap model.

“Kami akan terus berkomitmen melengkapi pilihan kendaraan ramah lingkungan serta elektrifikasi, sebagai upaya menjangkau lebih banyak masyarakat berkontribusi mereduksi emisi karbon. Dengan visi Total Mobility Solution, Toyota akan melengkapi Toyota Ecosystem supaya pelanggan dapat mengakses fasilitas dan layanan kendaraan elektrifikasi dengan mudah dan tanpa khawatir,” tutup Anton Jimmi Suwandy.