Pameran Otomotif Terbesar di Asia Tenggara GIIAS 2023 Resmi Dibuka
Menko Airlangga dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita serta jajaran petinggi Gaikindo dalam acara Pembukaan GIIAS 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)]

Bagikan:

JAKARTA - Pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, resmi dibuka pada Kamis, 10 Agustus 2023. Adapun GIIAS 2023 akan berlangsung selama sepuluh hari, yakni mulai10-20 Agustus 2023.

GIIAS 2023 hadir dalam skala yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa edisi sebelumnya. Pameran otomotif terkemuka di Asia Tenggara ini akan menampilkan partisipasi dari 49 pabrikan kendaraan bermotor, mencatat jumlah tertinggi dalam sejarah GIIAS.

Pada GIIAS ke-30 ini, 49 merek kendaraan akan ambil bagian, termasuk Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Industri kendaraan komersial juga turut berpartisipasi, dengan merek seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Merek-merek sepeda motor juga akan meramaikan acara tahunan ini, termasuk Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, dan Harley-Davidson.

Selain itu, merek-merek lain seperti lon Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa juga ikut serta. Tidak ketinggalan, ada 3 merek Karoseri, yaitu Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dengan bangga mengungkap begitu banyak pabrikan yang ambil bagian dalam pameran ini setelah perindustrian otomotif Indonesia mulai pulih.

"Sejak dimulai pada tahun 1986, ini merupakan kebanggaan bagi Gaikindo untuk terus menggelar acara ini dan memamerkan berbagai pencapaian industri otomotif Indonesia," kata Nangoi saat pembukaan GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Nangoi juga menyoroti hasil positif yang dicapai oleh perindustrian otomotif Indonesia selama tahun 2022. Ia menjelaskan bahwa penjualan wholesales kendaraan tumbuh sekitar 18 persen dari tahun sebelumnya, dan Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-11 secara global.

"Berkat dukungan pemerintah Indonesia, perindustrian otomotif Indonesia mampu mencapai pencapaian yang luar biasa pada tahun 2022, bahkan melebihi level sebelum pandemi," jelas Nangoi.

GIIAS 2023 mengangkat tema "Future Now" yang menggambarkan pengenalan teknologi terbaru dari berbagai merek yang berpartisipasi.

"GIIAS 2023 mempersembahkan puluhan model dengan teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia, termasuk kendaraan listrik yang akan diperkenalkan kepada pengunjung GIIAS kali ini," tambah Nangoi.

Acara pembukaan GIIAS 2023 juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Airlangga berharap melalui GIIAS 2023, perindustrian otomotif dapat terus berkembang menjadi lebih baik.

"Dengan tema Future Now, kami berharap bahwa pencapaian masa depan di industri otomotif Indonesia dapat melebihi kondisi saat ini," ujar Airlangga.

GIIAS 2023 akan memamerkan lebih dari 250 kendaraan, termasuk 9 debut global. Acara ini juga akan menjadi platform bagi Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk memperkenalkan 60 mobil konsep di Indonesia.

Pengunjung dapat membeli tiket untuk menghadiri GIIAS 2023 melalui aplikasi Auto360. Harga tiket pada hari biasa adalah Rp50.000, pada akhir pekan Rp100.000, dan khusus pada tanggal 17 Agustus seharga Rp78.000.

Selain itu, Gaikindo juga menyediakan tiket On The Spot (OTS) dengan harga Rp70.000 untuk hari biasa, akhir pekan, dan tanggal 17 Agustus seharga Rp120.000.