GIIAS 2023 Sukses, GIIAS 2024 Siap Digeber Lebih Awal
Suasana GIIAS 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, acara otomotif terbesar di Asia Tenggara, telah sukses digelar. Gelaran ini menghadirkan berbagai model terbaru dengan teknologi terkini.

Meskipun GIIAS tahun ini telah berakhir, pihak penyelenggara, Gaikindo, sudah mengumumkan tanggal untuk edisi tahun depan.

Berbeda dengan tahun ini yang digelar pada bulan Agustus, GIIAS 2024 akan diselenggarakan pada 18-28 Juli di ICE BSD, Tangerang. Artinya, GIIAS akan dimulai lebih awal dari sebelumnya.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan yang membuat GIIAS digelar lebih awal. Ini merupakan langkah yang diambil untuk mendukung perkembangan industri otomotif.

"Pada tahun 2024, jadwalnya padat, termasuk sisi komersial, sehingga kita perlu mempertimbangkan tambahan pameran dan Pemilu. Semua ini dipertimbangkan dengan baik," kata Nangoi dalam wawancara dengan media pada Sabtu, 19 Agustus.

Selain GIIAS, dalam tahun genap, Gaikindo juga menggelar acara lain, yaitu Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC), yang akan digelar pada 7-10 Maret 2024. Pameran ini fokus pada kendaraan komersial dan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Gaikindo mencatat beberapa hasil positif dibandingkan dengan edisi sebelumnya, termasuk peningkatan jumlah pengunjung dari tahun lalu, dengan puncak pengunjung pada tanggal 17 Agustus.

“Jumlah pengunjung meningkat cukup baik, sekitar 20 persen lebih banyak dari tahun lalu. Puncaknya pada tanggal 17 Agustus,” ujar Nangoi.

Meskipun demikian, pihak Gaikindo belum memberikan angka resmi terkait jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama gelaran berlangsung. Namun, Nangoi mengonfirmasi bahwa angkanya mengalami peningkatan.

"Menurut saya, SPK dan nilai transaksi akan lebih tinggi tahun ini,” tegasnya.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1986, GIIAS 2023 merupakan acara otomotif yang menghadirkan lebih banyak merek kendaraan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, acara ini berhasil menghadirkan 49 merek kendaraan.