Bagikan:

Jakarta - Produsen motor Ural baru-baru ini menghadirkan motor yang mereka klaim sebagai motor petualangan terbaik, yakni Gear Up Expedition. Ural menegaskan bahwa versi Expedition ini telah dilengkapi dengan segala yang diperlukan oleh pengendara dan penumpang untuk menjelajahi dunia.

Selain spesifikasi standar Gear Up, Expedition dilengkapi dengan lebih banyak ruang bagasi, perlindungan motor dan sidecar yang lebih kokoh, windshield serasi, suspensi yang ditingkatkan, dan berbagai fitur tambahan.

4

Motor ini telah diperkenalkan di Inggris dengan harga yang cukup mahal mencapai 33.750 poundsterling atau sekitar Rp660 jutaan, termasuk pajak impor, PPN, garansi dua tahun, pajak satu tahun, dan tangki bahan bakar yang sudah terisi penuh.

Mungkin nama Ural terdengar asing bagi sebagian pencinta otomotif di Indonesia, namun motor ini memiliki sejarah panjang di Eropa, terutama di Rusia. Ural terkenal karena ketangguhannya, terutama ketika digunakan oleh militer Rusia selama Perang Dunia II. Salah satu ciri khasnya adalah sidecar yang digunakan untuk mengangkut penumpang di samping motor.

Ural pertama kali didirikan di Irbit, Rusia, pada tahun 1941, dengan tugas memproduksi sepeda motor dengan sidecar untuk mendukung keperluan militer selama Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, sepeda motor dengan sidecar ini tetap populer di kalangan pengendara yang menghargai kemampuannya dalam berkendara di berbagai medan.

Produksi massal sepeda motor Ural dimulai pasca Perang Dunia II, dengan ekspor pertama kali dimulai pada tahun 1953. Pada tahun 1970-an, sepeda motor ini mulai diimpor ke Inggris dengan merek Cossack.

Sejak bulan Juli 2022, dikutip dari MCN, 21 Agustus, Ural mulai dirakit di Petropavlovsk, Kazakhstan. Kendaraan Ural dijual melalui jaringan diler internasional di lebih dari 40 negara di lima benua.

Meskipun desainnya mengusung nuansa klasik, Gear Up tetap menjadi produk andalan Ural. Sejak tahun 2014, mesinnya telah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar dan rem cakram di semua roda, sehingga mendukung mesin boxer berpendingin udara berkapasitas 749 cc dengan tenaga 41 dk.

3

Selain itu, model standar sekarang memiliki berbagai sentuhan berkualitas seperti lampu kabut LED, suspensi Sachs, kaliper rem Brembo, dan soket daya tambahan. Gear Up Expedition yang baru bahkan mengambil langkah lebih jauh dengan menyertakan hampir setiap aksesori dari katalog Ural sebagai bagian dari spesifikasi standarnya.

Tidak hanya itu, motor ini kini dilengkapi dengan tiga rak bagasi tambahan, salah satunya berada di hidung sidecar, satu di pelindung lumpur sidecar, dan satu di roda cadangan.

Dengan palang crash yang diperkuat, pelat skid, bumper belakang sidecar, pelindung lampu belakang, dan perlindungan untuk lampu depan dan samping sidecar, sepeda motor ini memiliki ketahanan yang sangat baik.

Suspensi di semua bagian telah ditingkatkan melalui penggunaan peredam kejut Nitron yang lebih baik, yang menggantikan peredam standar Sachs di garpu berlink depan, di bagian belakang, serta pada sidecar.

Gear Up Expedition tersedia dalam tiga skema warna dua nada yang berbeda, masing-masing mencerminkan jenis medan yang berbeda: 'Colza Field' (kuning/hijau); 'Polar Dawn' (orange/biru); dan 'Ember Flame' (merah/perak).